Mengenal Orthodontic Retainer Part 1

Global Estetik – Suatu hari pada periode yang tidak terlalu lama lagi, kawat gigi anda akan dilepas. Dalam beberapa saat, anda akan terbebas dari bracket, bisa memakan apa yang anda inginkan dan menjalankan lidah anda pada gigi bersih dan teratur sempurna. Tapi, bahkan pada kesempatan bahagia ini, ingatlah bahwa anda belum selesai dengan perawatan ortodontik: Tahap berikutnya, yang disebut retensi, baru dimulai.

Retensi adalah tahap tindak lanjut yang sangat krusial yang biasanya melibatkan penggunaan alat ortodontik yang disebut retainer. Terdapat Beberapa jenis retainer yang berbeda tersedia, yang semuanya dibuat khusus hanya untuk Anda. Dokter gigi pilihan anda akan merekomendasikan tipe (atau jenis) yang akan bekerja paling baik dalam situasi anda, serta akan memberi tahu anda kapan dan berapa lama anda harus memakainya.

Tapi jika gigi anda telah lurus sekarang, mengapa anda memerlukan penggunaan retainer? Sederhananya adalah karena jika Anda tidak memakainya, gigi Anda akan mulai bergerak kembali ke tempat mereka yang semula!

Gigi tidak diatur secara kaku di tulang rahang – alih-alih, mereka ditahan di tempat oleh jaringan serat yang disebut ligamen periodontal. Setelah mereka dipindahkan, dibutuhkan beberapa bulan untuk ligamentum periodontal untuk menyesuaikan diri dengan posisi baru. Jadi jika aAnda ingin menyimpan senyum baru itu – dan tidak menyia-nyiakan semua waktu, usaha, dan uang yang dibutuhkan untuk mendapatkannya – sangat penting untuk memakai retainer seperti yang diarahkan.

Retainer dipasang sebagai follow up, biasanya terjadi pada hari yang sama saat kawat gigi anda dilepas. Setelah gigi anda dibersihkan secara menyeluruh, dokter gigi pilihan anda dapat mengambil satu set sinar X dan / atau bite impression, untuk memeriksa seberapa baik kawat gigi anda bekerja dan untuk melihat seberapa banyak gigi bungsu anda berkembang. Kemudian, dokter akan membahas penggunaan retainer dan mulai mempersiapkannya.

Periode Penggunaan Retainer

Setelah beberapa saat, kebanyakan orang cukup cepat menyesuaikan diri dengan penggunaan retainer. Beberapa orang mungkin mendapati bahwa mereka menghasilkan lebih banyak air liur daripada biasanya selama bebrapa hari setelah memakai jenis retainer – ini merupakan reaksi normal terhadap benda asing di mulut. Anda mungkin juga merasa agak sulit untuk berbicara secara normal pada awalnya, tapi masalah itu akan segera hilang seiring berjalannya waktu. Tentu saja, retainer yang dapat dilepas harus selalu dikeluarkan saat Anda makan atau menyikat gigi – proses dengan perubahan besar dari saat menggunakan kawat gigi!

Sebagian besar ahli ortodontik mengatakan kepada pasien mereka untuk memakai retainer mereka 24/7 selama beberapa bulan, dan kemudian memakainya hanya di malam hari. Setelah beberapa tahun, anda bisa menguranginya sampai beberapa malam per minggu. Tapi jangan pernah berhenti memakainya dengan benar, atau nanti Anda akan mengalami kejutan yang tidak menyenangkan ketika Anda mencoba memasukkannya kembali, dan retainer tidak cocok lagi!

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan