Mengapa Gigi Saya Perlu di X-Rays ? [Bagian Terakhir]

Global Estetik – Pada bagian pertama kita telah menjelaskan dasar-dasar dari kebutuhan prosedur X-ray. Kini kita akan melihat lebih jauh dan mendetail mengenai sinar dengan radiasi super kecil yang sangat vital untuk kesehatan gigi dan mulut kita nanti.

Prosedur dengan penggunaan Sinar-X pada gigi tidak memerlukan persiapan khusus. Satu-satunya hal yang ingin anda lakukan adalah menyikat gigi sebelum janji bertemu dokter gigi pilihan anda. Itu akan menciptakan lingkungan yang lebih higienis bagi mereka yang bekerja di dalam mulut anda nanti. Sinar-X selalu dilakukan sebelum proses pembersihan.

Di klinik dokter gigi pilihan anda nantinya anda akan duduk di kursi dengan rompi utama di dada dan di pangkuan anda. Mesin sinar-X diposisikan di samping kepala anda untuk merekam gambar mulut. Beberapa praktik gigi memiliki ruang terpisah untuk sinar-X, sementara yang lainnya melakukan prosedur tersebut di ruangan yang sama seperti pembersihan dan prosedur lainnya.

Ada beberapa jenis prosedur sinar-X pada dunia perawatan gigi dan mulut, yang nantinya akan menangkap gambaran berbeda dari mulut anda. Yang paling umum adalah sinar-X intraoral, seperti:

  • Bitewing: Teknik ini melibatkan menggigit sepotong kertas khusus sehingga dokter gigi anda bisa melihat seberapa baik mahkota gigi. Hal ini biasa digunakan untuk memeriksa rongga interdental.
  • Occlusal: X-ray ini dilakukan saat rahang anda tertutup untuk melihat bagaimana gigi atas dan bawah anda berbaris, dan juga dapat mendeteksi kelainan anatomi dengan lantai mulut atau langit-langit mulut.
  • Palatal: Teknik ini menangkap semua gigi anda dalam satu kesempatan.
  • Panoramic: Untuk jenis sinar-X ini, mesin berputar mengelilingi kepala. Dokter gigi anda mungkin menggunakan teknik ini untuk memeriksa gigi geraham bungsu anda, merencanakan perangkat gigi implan, atau menyelidiki masalah rahang.
  • Periapikal: Teknik ini berfokus pada dua gigi secara lengkap dari akar hingga ke mahkota.

X-ray ekstraoral dapat digunakan saat dokter gigi anda menduga ada masalah di daerah di luar gusi dan gigi, seperti rahang. Seorang ahli kebersihan gigi akan memandu Anda melalui setiap langkah proses sinar-X. Mereka bahkan mungkin melangkah keluar ruangan sebentar saat gambar diambil. Anda akan diinstruksikan untuk menahan diam saat gambar direkam. Spacer, jika digunakan nantinya akan dipindahkan dan disesuaikan di mulut anda untuk mendapatkan gambar yang tepat.

Saat gambar siap biasanya langsung dalam kasus sinar-X digital, dokter gigi anda akan memeriksanya dan mengecek terhadap eksistensi kelainan yang mungkin terjadi di mulut anda. Jika ahli kebersihan gigi membersihkan gigi anda, dokter gigi mungkin akan membahas hasil sinar-X dengan Anda setelah pembersihan selesai. Pengecualiannya adalah jika ahli kebersihan menemukan masalah yang signifikan selama proses penggunaan sinar-X.

Jika dokter gigi Anda menemukan masalah, seperti gigi berlubang atau kerusakan gigi, mereka akan mendiskusikan pilihan perawatan anda. Jika dokter gigi anda tidak menemukan masalah, keep up the good work!

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan