Mengapa Gigi Saya Perlu di X-Ray ? [Bagian Pertama]

Global Estetik – Pertanyaan ini terkadang muncul karena banyak hal, ada yang sedikit sentimental dengan prosedur yang dalam prosesnya terlibat penggunaan sinar X, ada juga yang khawatir karna dampak efek dari sinar X dan beberapa yang lain yang memang benar-benar paranoid dengan penggunaan sinar X karena takut dengan persepsi dimana kalau ada sinar X pasti akan terlihat masalah-masalah yang sangat pelik. Kali ini kami akan jelaskan penggunaan sinar X pada prosedur kedokteran gigi untuk menghilangkan segala stigma-stigma negatif atas prosedur yang satu ini.

Sinar-X gigi (radiograf) adalah gambar gigi yang digunakan dokter gigi anda untuk mengevaluasi kesehatan mulut anda. Sinar-X ini digunakan dengan tingkat radiasi rendah untuk menangkap gambar interior gigi dan gusi anda. Hal ini dapat membantu dokter gigi untuk mengidentifikasi masalah, seperti rongga, kerusakan gigi, dan gigi yang terkena dampak oleh banyak alasan. Sinar-X gigi mungkin tampak rumit, tapi sebenarnya alat yang sangat umum itu sama pentingnya dengan pembersihan gigi anda.

Prosedur penggunaan Sinar-X pada gigi biasanya dilakukan setiap setahun sekali, atau lebih sering jika dokter gigi melacak kemajuan masalah atau perawatan gigi anda.

Faktor-faktor yang mempengaruhi seberapa sering Anda mendapatkan sinar-X gigi bisa meliputi:

  • Usia
  • Kesehatan gigi dan mulut anda saat ini
  • Symptom atau gejala penyakit mulut
  • Memiliki riwayat penyakit gusi (radang gusi) atau kerusakan gigi

Jika anda pasien baru, anda mungkin akan menjalani prosedur dengan menggunakan sinar-X gigi sehingga dokter gigi baru anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang kesehatan gigi anda. Hal ini sangat penting jika anda tidak memiliki hasil sinar-X dari dokter gigi sebelumnya.

Anak-anak mungkin perlu menjalani prosedur sinar-X gigi lebih sering daripada orang dewasa karena dokter gigi mereka mungkin perlu memantau pertumbuhan gigi permanen mereka. Hal ini penting karena dapat membantu dokter gigi menentukan apakah gigi susu perlu ditarik untuk mencegah komplikasi, seperti gigi permanen yang tumbuh di balik gigi susu.

Meskipun prosedur penggunaan sinar-X pada gigi melibatkan radiasi, tingkat yang terpapar akan sangat rendah sehingga dianggap aman untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika dokter gigi anda menggunakan sinar-X digital daripada mengembangkannya di film, risiko anda terkena dari paparan radiasi bahkan lebih rendah. Dokter gigi anda juga akan menempatkan “bib” utama di dada, perut, dan daerah panggul anda untuk mencegah paparan radiasi yang tidak perlu ke organ vital. Sebuah kerah tiroid dapat digunakan dalam kasus kondisi tiroid. Anak-anak dan wanita usia subur mungkin juga memakainya bersama dengan bib utama.

Kehamilan adalah pengecualian terhadap peraturan diatas. Wanita yang sedang hamil atau percaya bahwa mereka mungkin hamil harus menghindari semua jenis sinar-X. Beritahu dokter gigi anda jika anda yakin sedang hamil, karena radiasi tidak dianggap aman untuk pengembangan janin.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan