Menganali Penyebab Mulut Kering

Global Estetik – Pernahkah Anda mengalami mulut kering? Dalam istilah medis, hal itu dikenal dengan istilah xerostomia, yaitu keadaan ketika mulut tidak memiliki air liur yang cukup untuk menjaga kelembapan area mulut. Mulut kering dapat menjadi kondisi yang mengkhawatirkan jika terjadi berulang kali. Gejala umum yang terjadi saat mulut kering di antaranya, mulut terasa lengket, bibir pecah-pecah, sariawan, bau mulut, iritasi gusi, hingga sering mengalami karies gigi.

Bau mulut yang terjadi akibat kondisi mulut yang kering dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Selain itu, saat Anda memakai lipstick dan lipstick tersebut menempel pada gigi, hal ini disebabkan karena tidak adanya air liur yang berfungsi untuk membilas mulut. Suara serak dan gatal pada tenggorokan juga dapat ditandai dengan kondisi mulut yang kering.

Penyebab mulut kering bermacam-macam, salah satunya yaitu adanya masalah pada produksi air liur. Beberapa penyebab mulut kering lainnya adalah penggunaan obat-obatan tertentu, stress, penuaan, terapi kanker, gelisah, serta gangguan autoimun seperti merokok, sindrom Sjogren, hingga konsumsi methamphetamine.

Saat Anda sedang mengalami xerostomia atau mulut kering, sebaiknya harus segera diatasi. Karena kondisi mulut yang kering dapat berhubungan dengan cedera leher maupun kerusakan pada saraf kepala. Beberapa tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk menangani permasalahan mulut kering.

Tips Mengatasi Mulut Kering

Sebelum menemui dokter, Anda dapat mengatasi mulut kering dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Perbanyak minum air putih
  • Mengulum batu es
  • Mengunyah permen karet
  • Hindari konsumsi minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan soda

Permen karet dapat menstimulasi kelenjar air liur untuk meningkatkan produksi air liur. Namun usahakan permen karet yang dikonsumsi bebas dari gula. Jika tips di atas belum berhasil mengatasi kondisi mulut kering yang Anda alami, maka segera temui dokter. Biasanya Anda akan diberikan resep obat-obatan dalam bentuk permen, obat semprot, atau gel yang mengandung zat pengganti air liur.

Mulut kering dapat memiliki efek yang serius bagi kesehatan gigi dan mulut. Kondisi mulut yang kering dapat mengiritasi jaringan lunak mulut yang mudah mengalami infeksi. Hal yang paling penting dilakukan untuk mencegah kondisi mulut kering yaitu selalu merawat gigi dan gusi dengan menyikat gigi tiga kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan celah gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan