Masalah Pada Mulut Yang Perlu Kamu Ketahui Seiring Bertambahnya Usia

Global Estetik – Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami berbagai perubahan yang terkadang dapat menyebabkan masalah kesehatan baru. Situasi yang sama juga terjadi di dalam mulut, meski banyak orang tidak sadar akan perbedaan kesehatan mulut mereka sampai terjadi sesuatu yang drastis dan biasanya menyakitkan. Inilah sebabnya mengapa diperlukannya pengetahuan akan perubahan pada gigi dan mulut seiring bertambahnya usia. Berikut adalah masalah-masalah yang mungkin akan hadir pada suatu waktu di masa yang akan datang.

1. Mulut Kering

Banyak orang menemukan bahwa seiring bertambahnya usia, mulut mereka cenderung mengering, entah secara alami atau karena obat tertentu yang mereka minum. Air liur sangat penting dalam perawatan mulut karena membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri. Tanpa tindakan pembersihan ini, jumlah masalah dan infeksi terkait bakteri bisa meningkat secara eksponensial. Air liur juga menjaga jaringan lunak mulut, seperti lidah dan gusi.

Ketika mulut kita menjadi terlalu kering, jaringan lunak ini bisa menjadi sangat kering, bengkak, dan kadang-kadang bisa menjadi luka atau infeksi. Jika kamu mengalami mulut kering dan menduga bahwa ini adalah efek samping obat yang kamu minum, segera bicarakan hal ini dengan dokter. Jika mulut kamu kering secara alami, pastikan untuk minum air secara teratur sepanjang hari dan, saat ketika minum, cobalah untuk menahan air di dalam mulut selama beberapa detik untuk membantu membasahi jaringan lunak sebelum berkumur beberapa kali.

2. Permasalahan pada Email Gigi

Semua dampak mengunyah, menggiling, dan menggigit yang dilakukan gigi selama bertahun-tahun dapat berdampak nyata pada kekuatan dan kesehatan mereka. Belum lagi kerusakan, patah, atau trauma lain yang mungkin telah terpapar pada gigi yang dapat menyebabkan konsekuensi yang lebih buruk lagi. Seiring waktu gigi kita perlahan-lahan mulai turun dari penggunaan yang terus-menerus atau dari kerusakan, dan erosi ini mengurangi lapisan luar pelindung keras gigi – enamel – yang tidak dapat pulih kembali secara alami.

3. Penurunan Kondisi Gusi

Gusi kita sangat penting untuk kesehatan mulut  secara keseluruhan karena mereka menyediakan penahan yang kokoh untuk gigi  dan memberikan perlindungan terhadap bakteri  yang masuk ke dalam tubuh. Seiring waktu, gusi dapat terkena kerusakan dengan berbagai cara dan, tanpa perawatan yang tepat gusi akan melemah dan mungkin berpenyakit. Merokok, terutama dalam jangka waktu lama, merupakan ancaman utama bagi kesehatan gusi karena mengurangi kemampuan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan infeksi. Ini berarti bahwa perlindungan yang diberikan oleh gusi terpengaruh dan tidak dapat melawan infeksi. Hal ini dapat menyebabkan radang gusi, penyakit gusi, dan masalah lain yang dapat membahayakan kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan.

4. Meningkatnya Resiko Kanker Mulut

Seperti halnya dengan banyak jenis kanker yang lain, risiko terkena kanker mulut meningkat seiring bertambahnya usia. Menurut Pusat Pengobatan Kanker Amerika, kebanyakan orang yang didiagnosis menderita kanker mulut berusia di atas 55 tahun, dan pria secara statistik dua kali lebih mungkin mendapatkannya dibandingkan kaum hawa. Usia bukan satu-satunya faktor risiko yang terkait dengan kanker mulut; Merokok, menggunakan produk tembakau, infeksi HPV, penyalahgunaan alkohol, dan faktor lainnya sering berperan dalam mengembangkan berbagai jenis kanker.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan