Masalah Pada Gusi – Penyakit Periodontal [Penyebab dan Simtoma]

Global Estetik – Penyebab utama penyakit periodontal (gusi) adalah plak bakteri, lapisan tipis yang sangat merekat yang terus terbentuk pada gigi anda. Penyebab berikut juga dapat menjadi penyebab terbentuknya gingivitis dan bentuk periodontitis yang lebih lanjut:

  1. Merokok dan penggunaan tembakau telah terbukti menjadi penyumbang utama penyakit gusi. Bukan rahasia lagi bahwa merokok menyebabkan sejumlah masalah terkait kesehatan, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa ini adalah salah satu faktor risiko paling signifikan dalam pengembangan dan kemajuan penyakit periodontal.
  2. Genetika predisposisi hampir 30 persen populasi terhadap penyakit gusi. Bahkan dengan perawatan kesehatan mulut yang agresif dan konsisten, orang-orang ini mungkin enam kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit periodontal daripada mereka yang tidak rentan terhadap penyakit gusi. Penting untuk mengunjungi periodontis terakreditasi untuk menentukan apakah anda memiliki risiko komplikasi periodontal yang lebih tinggi untuk memulai rutinitas penanganan intervensi dini.
  3. Kehamilan dan perubahan hormonal yang menyertainya dapat menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap penyakit gusi. Fluktuasi hormonal yang parah diketahui mempengaruhi sejumlah jaringan di tubuh anda, termasuk gusi anda.
  4. Obat-obatan seperti kontrasepsi oral, anti depresan, dan obat-obatan jantung tertentu dapat berdampak negatif terhadap keseluruhan kesehatan mulut anda. Penting bagi anda untuk menginformasikan dokter gigi pilihan anda tentang obat yang anda pakai dan perubahan selanjutnya.
  5. Menggiling gigi menempatkan kelebihan kekuatan pada jaringan pendukung gigi dan dapat mempercepat laju penyakit gusi menghancurkan sistem pendukung sensitif mulut anda.
  6. Diabetes menyebabkan fluktuasi dan perubahan gula darah anda. Perubahan terus-menerus menyebabkan risiko lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit periodontal yang parah yang memerlukan operasi gusi.
  7. Nutrisi yang buruk menyebabkan banyak komplikasi terkait kesehatan, termasuk penyakit gusi. Mengompromikan sistem kekebalan tubuh anda dengan pola makan yang buruk akan menghambat kemampuan alami tubuh anda untuk melawan penyakit gusi, dan mungkin mengharuskan anda untuk mencari perawatan periodontal profesional.

Simtoma dari Penyakit Gusi

Sangat penting untuk tetap memerhatikan gejala penyakit gusi potensial. Kunjungi dan periksakan diri anda di klinik dokter gigi pilihan anda untuk mendapatkan diagnosis dini yang dapat membuat perbedaan antara perawatan periodontal non-bedah dan operasi gusi full-blown. Gejala yang harus diperhatikan meliputi:

  • Sakit di bagian mulut
  • Gusi yang berdarah saat anda menyikat gigi atau menggunakan benang floss
  • Meningkatnya ruang antar gigi
  • Gusi yang terasa bengkak atau empuk
  • Gusi yang tampak surut, membuat gigi anda tampak lebih panjang
  • Bau mulut yang bertahan terus-menerus
  • Pembentukan nanah di antara gigi anda
  • Perubahan gigitan anda dan cara gigi anda pas saat bersama
  • Muncul semacam luka di mulut anda

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan