Masalah Pada Gusi – Penyakit Periodontal [Pengobatan dan Pencegahan]

Global Estetik – Jika anda didiagnosis menderita penyakit gusi, dokter gigi pilihan anda mungkin merekomendasikan perawatan periodontal non-bedah. Untuk kasus tingkat lanjut, operasi gusi mungkin diperlukan. Faktor terbesar dalam pilihan pengobatan yang tersedia bagi anda adalah seberapa cepat penyakit gusi anda terdeteksi dan seberapa cepat kemajuannya.

Pengobatan Gingivitis Tahap Awal

Gingivitis biasanya dapat dihilangkan dengan pengobatan non-bedah. Baru-baru ini, telah muncul Decapinol, obat kumur mulut resep pertama yang mengurangi radang gusi. Decapinol, bila digunakan dua kali sehari, dapat bertindak sebagai penghalang yang menghambat kemampuan bakteri untuk menempel pada permukaan gigi. Perawatan periodontal non-bedah lainnya meliputi scaling dan perawatan saluran akar. Metode perawatan periodontal ini secara menyeluruh membersihkan permukaan akar untuk menghilangkan plak dan pembentukan tartar. Setelah itu, antimikroba dapat dikirim secara lokal untuk menangkal bakteri yang tersisa.

Pengobatan Periodontitis Tahap Lanjut

Penyakit gusi tingkat lanjut sering membutuhkan operasi periodontal (gusi). Operasi gusi menjadi perawatan periodontal yang hanya bertahan begitu jaringan di sekitar gigi anda menjadi terlalu tidak sehat untuk diperbaiki dengan perawatan non-bedah. Keempat jenis operasi gusi yang paling sering direkomendasikan adalah:

  1. Prosedur pengurangan Pocket
  2. Prosedur regeneratif
  3. Pemanjangan Crown
  4. Cangkok jaringan

Pencegahan dari Periodontitis

Jika tidak diobati, peradangan ini bisa menyebabkan gusi dan struktur tulang pendukung menjadi memburuk. Hal ini dapat menyebabkan resesi gusi atau bahkan kehilangan gigi. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit gusi dapat dikaitkan dengan penyakit lain, seperti diabetes dan penyakit jantung. Beruntung, penyakit periodontal bisa dicegah. Menambahkan kebiasaan ini ke rutinitas harian anda bisa membantu anda untuk menghindar  dari Periodontitis

  1. Sikat gigi. Menyikat gigi setelah makan membantu menghilangkan puing-puing makanan dan plak yang terperangkap di antara gigi dan gusi anda. Jangan lupa sertakan lidah anda, bakteri suka dan bisa saja bersembunyi di sana.
  2. Floss. Flossing setidaknya sekali sehari membantu menghilangkan partikel makanan dan plak antara gigi dan sepanjang garis gusi yang tidak bisa dijangkau sikat gigi anda.
  3. Berkumur dengan obat kumur. Menggunakan obat kumur bisa membantu mengurangi plak dan bisa menghilangkan sisa partikel makanan terlewat saat sikat gigi dan flossing.
  4. Kenali resikonya Usia, merokok, diet dan genetika semuanya dapat meningkatkan risiko penyakit periodontal. Jika anda berisiko tinggi, pastikan untuk berbicara dengan dokter gigi anda untuk langkah-langkah pencegahan lebih lanjut.
  5. Temui Dokter Gigi Pilihan Anda. Dapatkan evaluasi periodontal komprehensif tahunan dari dokter gigi profesional dan terpercaya. Pemeriksaan menyeluruh ini akan melihat gigi, tingkat plak, gusi, gigitan, struktur tulang dan faktor risiko penyakit periodontal lainnya. Mengidentifikasi gejala penyakit gusi di awal adalah kunci untuk melindungi gigi dan gusi anda.
Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan