Masalah Pada Gusi – Penyakit Periodontal [Definisi dan Jenis Penyakit]

Global Estetik – Penyakit periodontal (gusi) disebabkan oleh infeksi serius yang bisa menyebar di sekitar akar gigi sehingga menyebabkan reduksi tulang. Jika tidak diobati, penyakit gusi dapat menyebabkan gigi rontok dan kebutuhan akan implan gigi atau jembatan gigi. Periodontis yang ahli akan mengevaluasi kondisi anda dan tergantung pada tingkat keparahannya, merekomendasikan perawatan periodontal non bedah atau operasi gusi.

 

Apa itu penyakit periodontal?

Penyakit gusi periodontal disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat merusak gigi anda jika tidak diobati. Kata “periodontal” secara harfiah berarti “di sekitar gigi.” Karena penyakit periodontal disebabkan oleh bakteri degeneratif yang merusak gusi dan struktur tulang pendukung di bawahnya, penyakit ini memerlukan perawatan sejak dari tahap awal.

Jenis Penyakit Gusi

Penyakit gusi memiliki beberapa tahap. Seiring perkembangan penyakit ini, tingkat perawatan periodontal menjadi lebih kompleks, mahal, dan memakan waktu yang intensif. Sangat penting bagi anda untuk segera melakukan pertemuan dengan dokter gigi yang berpengalaman dan profesional jika anda menemukan tanda-tanda gejala munculnya penyakit gusi.

Radang gusi

Bentuk paling awal dan paling ringan dari penyakit periodontal adalah gingivitis. Gingivitis ditandai dengan pembengkakan gusi. Seringkali, gusi akan berdarah saat menyikat gigi dan flossing normal. Gingivitis dapat disembuhkan dengan perawatan periodontal profesional dan perawatan mulut yang konsisten di rumah.

Periodontitis

Ada beberapa tahap penyakit gusi stadium lanjut yang dikenal sebagai periodontitis:

Periodontitis agresif (Aggressive periodontitis) adalah bentuk penyakit gusi yang ditemukan pada pasien yang memiliki kesehatan mulut secara keseluruhan. Gejala umum dari periodontitis agresif adalah termasuk peningkatan yang cepat dalam ukuran kantong yang berdekatan dengan gigi, yang menyebabkan degradasi tulang.

Periodontitis kronis (Chronic periodontitis) adalah bentuk penyakit gusi yang memerlukan perawatan periodontal segera. Bentuk periodontitis ini menyebabkan radang di dalam jaringan pendukung gigi yang mengarah ke lampiran plak progresif dan kehilangan tulang yang cepat. Periodontitis kronis adalah bentuk paling umum dari penyakit gusi dan meskipun lazim pada orang dewasa, dapat terus berlanjut pada usia berapapun. Jika tidak diobati, bentuk penyakit gusi ini akan membutuhkan operasi gusi.

Periodontitis penyakit sistemik (Periodontitis of a systemic disease ) adalah bentuk penyakit gusi yang sering terjadi pada usia muda dan dikaitkan dengan kelainan yang sudah ada sebelumnya, seperti diabetes.

Penyakit periodontal nekrotikan (Necrotizing periodontal disease) merupakan salah satu bentuk penyakit gusi yang paling berbahaya. Hal ini ditandai dengan nekrosis (kematian jaringan pendukung) jaringan gingiva, ligamen periodontal, dan tulang alveolar. Ini adalah bentuk penyakit gusi yang sangat agresif dan sering kali meninggalkan operasi gusi sebagai satu-satunya pilihan pengobatan untuk jenis periodontis ini.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan