Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Global Estetik – Teh merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia dan mengandung antioksidan yang tinggi. Ada beberapa jenis teh, di antaranya teh hijau, teh merah, teh putih dan teh hitam. Dari semua jenis teh tersebut, masing-masing memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu teh hitam yang dapat menyehatkan hati, ginjal, dan jantung. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Arab Saudi terhadap lebih dari 3.400 orang dewasa, mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hitam lebih dari enam cangkir sehari dapat menurunkan risiko lebih dari 50 persen mengalami penyakit jantung koroner. Manfaat lainnya yang dapat dirasakan jika mengonsumsi teh hitam secara rutin di antaranya sebagai berikut.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jika merasa tubuh mudah terserang penyakit seperti flu atau pilek, bisa jadi sistem imun atau kekebalan tubuh Anda sedang menurun. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda dapat mengonsumsi teh hitam secara rutin dengan porsi yang tepat. Nutrisi yang ada di dalam teh hitam diyakini mampu meningkatkan sistem imun tubuh, membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan virus.

Mencegah Pembentukan Sel Kanker

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi teh hitam secara rutin juga dapat menurunkan risiko terkena kanker. Kandungan antioksidan dan berbagai senyawa aktif lainnya yang ada di dalam teh hitam memiliki manfaat untuk mencegah pembentukan sel kanker dan pertumbuhan tumor di tubuh.

Menurunkan Risiko Stroke

Rutin mengonsumsi teh hitam juga dapat mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh arteri leher. Dengan demikian kemungkinan seseorang mengalami serangan stroke menjadi semakin kecil.

Anti Diabetes

Kandungan senyawa thearubigin dan theaflavin dalam teh hitam berfungsi sebagai senyawa anti diabetes. Oleh karena itu, seseorang yang mengonsumsi teh hitam memiliki kemungkinan lebih besar terhindar dari penyakit diabetes.

Meski memiliki banyak manfaat, teh hitam harus dikonsumsi dengan tepat. Dalam 180 ml air hangat dibutuhkan sekitar 2,25 gram atau satu sendok teh dari teh hitam. Selain itu, untuk merasakan manfaat dari teh hitam, hindari konsumsi secara berlebihan.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan