Manfaat Serai bagi Kesehatan

Globalestetik.com – Serai atau sereh merupakan tanaman yang sudah sangat familiar digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Serai digunakan untuk mengharumkan makanan atau sebagai penyedap rasa. Tanaman yang memiliki bahasa latin Andropogon nardus ini selain dapat digunakan sebagai penyedap masakan, serai ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Selain itu, daun serai juga mengandung zat anti-bakteri dan anti mikroba yang bermanfaat untuk mengobati infeksi pada lambung, saluran kandung kemih, serta dapat menyembuhkan luka. Kandungan analgesik pada serai juga berperan dalam membantu menghilangkan rasa sakit yang akibat nyeri otot, nyeri sendi, dan sakit kepala. Bukan hanya itu saja, serai mengandung banyak senyawa antara lain lomonen, metileugenol, geranil butirat, eugenol, dan geranial. Untuk lebih jelasnya, terkait manfaat serai bagi kesehatan manusia, berikut di antaranya.

1. Mengatasi Insomnia

Ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh merupakan salah satu penyebab sulit tidur atau insomnia. Bagi Anda yang mengalami insomnia, serai dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan sulit tidur tersebut. Hal ini disebabkan karena serai dapat memberikan efek menenangkan sehingga membantu meningkatkan proses dan kualitas tidur.

2. Anti Kanker

Kandungan citral pada serai merupakan salah satu zat anti-kanker yang dapat membunuh sel kanker. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion telah menemukan bahwa serai memiliki senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.

3. Obat Batuk

Gangguan kesehatan seperti batuk juga dapat diatasi dengan meminum air rebusan serai. Cara membuat obat batuk yang terbuat dari serai pun cukup mudah, caranya siapkan 5 gram daun serai lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus serai yang sudah dicuci dengan segelas air selama 15 menit, kemudian air rebusan serai tersebut Anda minum dua kali sehari.

4. Obat Sakit Gigi

Selain dapat dijadikan sebagai obat batuk, serai juga dapat mengobati sakit gigi. Hal tersebut disebabkan karena serai mengandung zat antibakteri. Berkumur dengan air serai akan membantu untuk mengatasi masalah sakit gigi.

5. Mengurangi Kolesterol

Zat anti-kolesterol dan anti aterosklerosis yang terdapat dalam daun serai memiliki manfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol dari usu dan oksidasi kolesterol jahat (LDL) pada darah. Selain itu, kedua zat tersebut juga dapat menangkal salah satu proses pertama pada pembentukan plak aterosklerosis.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan