Manfaat Mandi dengan Air Dingin untuk Kesehatan

Globalestetik.com – Kebanyakan orang menganggap bahwa mandi dengan menggunakan air dingin tidak menyenangkan, sehingga banyak yang lebih memilih mandi dengan air hangat. Namun faktanya, mandi dengan air dingin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan menggunakan air hangat.

Beberapa manfaat mandi dengan air dingin antara lain dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengatur kadar asam urat dalam tubuh, dan mencegah cedera otot pasca latihan. Bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat yang dapat Anda rasakan jika mandi dengan air dingin. Berbagai manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Air dingin yang bertemu dengan kulit membuat pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal tersebut akan menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah. Dengan demikian, secara otomatis mekanisme tekanan darah akan menghancurkan jaringan yang menyebabkan darah bersirkulasi dengan dorongan yang lebih besar dan berpengaruh pada menguatnya aliran darah.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mandi dengan air dingin dapat meningkatkan metabolisme. Mekanisme tersebut hampir sama ketika seseorang merasa kedinginan. Orang yang kedinginan akan mengenakan jaket atau selimut untuk menghangatkan tubuh. Begitu pula saat tubuh disiram dengan air dingin, tubuh akan berusaha menyesuaikan suhu tubuh dengan menghasilkan panas. Dengan begitu, metabolisme tubuh meningkat dengan cepat yang akan membakar karbohidrat dan lemak sehingga membuat tubuh terasa hangat.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain dapat meningkatkan metabolisme, mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh melepaskan sel darah putih. Sel darah putih tersebut dapat menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit.

  1. Mencegah Flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang mudah menyerah tubuh manusia. Dengan mandi menggunakan air dingin, tubuh tidak mudah terserang penyakit flu, sebab sistem kekebalan tubuh meningkat ketika mandi dengan air dingin.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Berbeda dengan air hangat yang dapat membuka pori-pori kulit, air dingin justru tidak akan membuka pori-pori sehingga tubuh tetap bersih dan terhindar dari kotoran. Dengan demikian mandi menggunakan air dingin lebih baik dan dapat menjaga kesehatan kulit dibandingkan mandi dengan air hangat.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Selain dapat menjaga kesehatan kulit, mandi dengan air dingin juga dapat mencegah kerontokan rambut dan membuat kulit kepala menjadi lebih sehat.

  1. Meningkatkan Mood

Mandi air dingin di pagi hari dapat merelaksasikan tubuh dan meningkatkan keseimbangan otak. Hal ini disebabkan karena air dingin dapat menstimulasi peredaran darah di otak yang bermanfaat untuk mengurangi mood yang jelek dan mencegah depresi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan