Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Globalestetik.com – Manggis merupakan buah tropis asli Indonesia yang kaya akan manfaat. Pohon manggis dapat tumbuh hingga 25 meter. Buah manggis memang banyak disukai karena rasanya yang manis bercampur asam. Selain itu, buah manggis ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bukan hanya buahnya saja yang kaya gizi, bahkan kulit dari buah manggis mengandung senyawa xanthone  yang berperan penting sebagai antioksidan yang tentunya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Senyawa xanthone jarang ditemukan di alam bebas, senyawa xanthone yang ada di kulit manggis meliputi gratanin, flavonoid, epicatechin, mangostenol, mangostenol A, mangostenol B, alfa mangostin, beta mangostin, mangostin, mangostanol, tovophyllin, dan trapezifolixanthone. Selain mengandung senyawa xanthone, kulit manggis juga mengandung asam fenolat, tannin, dan antosianin. Lalu, apa saja manfaat dari kulit manggis bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaatnya.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan yang ada di kulit manggis dipercaya dapat melancarkan pembuluh darah, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kulit manggis juga mengandung mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

Menangkal Radikal Bebas

Selain dipercaya sebagai antioksidan, kulit manggis juga memiliki manfaat sebagai penangkal zat radikal bebas. Hal ini disebabkan karena kandungan katekin di kulit manggis yang ternyata lebih efektif dalam menangkal zat radikal bebas dibanding dengan vitamin C dan E.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Masalah pada saluran pencernaan seperti diare dapat diatasi dengan rebusan kulit manggis, karena kandungan senyawa xanthone di kulit manggis berfungsi sebagai zat antibakteri.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Penelitian yang dilakukan terhadap kulit manggis membuktikan bahwa kulit manggis dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghancurkan sel tersebut sehingga menghindarkan seseorang terkena kanker. Hal ini disebabkan oleh senyawa xanthone yang menurut penelitian ternyata senyawa tersebut bersifat apoptosis dan antiproliferasi yang efektif memerangi pertumbuhan sel kanker sekaligus memusnahkannya.

Menyembuhkan Asma

Manfaat lain dari kulit manggis yaitu dapat menyembuhkan asma. Hal ini disebabkan karena kulit manggis juga dapat dijadikan sebagai anti-inflamasi dan antihistamin yang dapat membantu mengurangi reaksi alergi dan asma.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari kulit manggis, tidak ada salahnya jika kita menjadikan kulit manggis sebagai cara alami untuk mengatasi berbagai penyakit.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan