Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh

Global Estetik – Ginseng merupakan salah satu tanaman yang memiliki berbagai manfaat, salah satunya membantu memelihara kesehatan. Tanaman ginseng ditemukan sekitar 500 tahun yang lalu di Cina utara. Ginseng awalnya digunakan sebagai salah satu bahan masakan, tetapi kini ginseng banyak digunakan sebagai tanaman untuk mengobati berbagai penyakit.

Tanaman ginseng umumnya ditemukan di daerah yang memiliki iklim dingin seperti di Korea, Cina dan Siberia. Ada berbagai jenis ginseng yang sering ditemukan di antaranya Asiatic ginseng dan ginseng Amerika. Asiatic ginseng merupakan ginseng paling populer yang diproses dan membentuk ginseng merah atau dikenal dengan ginseng Korea.

Banyaknya khasiat atau manfaat yang dimiliki oleh tanaman ginseng, membuat tanaman ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia untuk tujuan komersial. Manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan penelitian, tanaman ginseng diklasifikasikan sebagai adaptogen yaitu suatu zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga mereka yang mengonsumsi makanan atau minuman mengandung ginseng tidak mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk. Selain itu, tanaman ini juga dapat memerangi rematik, anemia, sakit kepala, asam urat hingga insomnia secara efektif.

  • Menurunkan Kolesterol

Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi minuman yang terbuat dari ginseng. Hal ini disebabkan karena ginseng dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

  • Mengobati Diabetes

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan kadar kolesterol, ginseng juga dapat dikonsumsi sebagi obat untuk mengatasi penyakit diabetes, terutama diabetes tipe II.

  • Anti-penuaan

Manfaat yang tidak kalah penting dari tanaman herbal yang sering dijumpai di Korea ini ternyata juga dapat mencegah beberapa efek utama penuaan, sehingga dengan rutin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung ginseng dapat membuat seseorang menjadi terlihat awet muda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ginseng memang kaya akan manfaat. Akan tetapi hal yang harus diperhatikan agar manfaat yang didapat sesuai dengan keinginan yaitu mengonsumsi ginseng dengan dosis yang tepat. Sebab jika ramuan ginseng ini dikonsumsi dengan dosis yang tinggi akan menyebabkan gejala-gejala seperti gangguan penglihatan, sakit kepala, sulit tidur, mulut kering, mudah lelah, hingga penurunan tekanan jantung.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan