Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi

Global Estetik – Daun sirih atau yang memiliki nama ilmiah Piper betle merupakan tanaman yang sangat terkenal di masyarakat Indonesia yang dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, salah satunya kesehatan gigi. Gigi yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai permasalahan lain, mulai dari sakit gigi, gigi berlubang hingga bau mulut. Semua permasalahan gigi tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirih.

Berdasarkan penelitian, mengunyah daun sirih secara rutin dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi serta dapat mencegah munculnya aroma napas yang tidak sedap pada mulut. Hal ini disebabkan karena daun sirih mengandung minyak esensial seperti terpen dan fenol yang membuat daun sirih memiliki aroma khas sehingga ketika mengunyah daun sirih akan membuat mulut terhindar dari aroma yang tidak sedap. Minyak esensial yang terkandung dalam daun sirih juga berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri.

Selain itu, air rebusan daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan plak pada gigi. Plak sendiri muncul dari sisa makanan yang tidak dibersihkan. Plak tersebut menyebabkan timbulnya radang pada gusi atau gingivitis dan radang pada jaringan gigi lainnya. Jika plak dibiarkan lebih lanjut maka akan menyebabkan timbulnya lubang pada gigi. Pembersihan gigi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara mekanis dan khemis. Menyikat gigi merupakan cara mekanis yang dilakukan untuk membersihkan gigi. Cara ini terbilang sangat efektif dalam membersihkan plak dan mencegah terjadinya peradangan. Namun minimnya pengetahuan masyarakat mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar membuat pembersihan gigi secara mekanis menjadi tidak maksimal. Dengan demikian diperlukan juga pembersihan gigi secara khemis yaitu dengan berkumur.

Pembentukan plak dapat dicegah dengan penggunaan obat kumur. Saat ini banyak tersedia berbagai produk obat kumur atau mouthwash yang mudah ditemukan di pasaran. Namun Anda juga dapat menggunakan obat kumur alternatif yang dapat mencegah terbentuknya plak pada gigi yaitu memanfaatkan air rebusan daun sirih. Selain mudah ditemukan, daun sirih juga efektif dalam membersihkan plak gigi, tidak memberikan efek samping dan tentunya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menggunakan daun sirih sebagai obat kumur alami.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan