Manfaat Cabai Rawit Bagi Kesehatan

Globalestetik.com – Cabai rawit merupakan salah satu jenis cabai yang memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi.  Di balik rasanya yang pedas, cabai rawit ini ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat cabai rawit untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Mencegah Kanker

Cabai rawit mengandung senyawa yang bernama capsaicin yang mampu mengurangi dan merusak sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia. Selain itu, cabai rawit juga mampu membakar kalori dalam tubuh.

  1. Mengurangi Resiko Terserang Stroke

Khasiat cabai rawit lainnya yang bagi kesehatan yakni menangkal penyakit stroke. Hal ini terjadi dikarenakan cabai rawit mengandung berbagai senyawa yang dapat mencegah pembentukan gumpalan-gumpalan darah. Dengan demikian, seseorang yang suka pedas memiliki resiko terkena penyakit stroke lebih kecil.

  1. Terhindar dari Penyakit Jantung

Selain dapat mengurangi resiko terserang stroke, cabai rawit juga dapat memperlancar aliran darah sehingga mencegah seseorang mengalami penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B pada cabai rawit yang membantu mengurangi kadar homocysteine yang ada di dalam tubuh. Homocysteine ini merupakan senyawa asam amino yang jika kadarnya berada di atas normal dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Hal tersebut yang menyebabkan seseorang dapat mengalami serangan jantuung. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi cabai rawit, seseorang dapat terhindar dari penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Warna merah pada cabai rawit menandakan tingginya kandungan beta karoten atau pro vitamin A. Adanya kandungan pro vitamin A pada cabai rawit berfungsi sebagai anti infeksi yang melapisi saluran hidung, paru-paru, saluran kemih, dan saluran penceraan sebagai pertahanan tubuh terhadap parasit. Selain itu, meminum dua sendok teh cabai merah memberikan asupan sekitar 6 % dari nilai harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Mengatasi Nyeri Sendi

Masalah pada bagian persendian seperti rematik ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi cabai rawit. Hal ini disebabkan karena kandungan caosaicin pada cabai rawit yang berkhasiat untuk meredakan kejang yang terjadi pada otot.

  1. Melancarkan Pernapasan

Kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai rawit selain dapat mengurangi dan mencegah pembentukan sel-sel kanker, juga dapat merangsang sekresi yang dapat membantu membersihkan lendir di dalam hidung serta mengatasi paru-paru sesak sehingga pernapasan kembali lancar.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan