Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Globalestetik.com – Buah yang memiliki nama ilmiah Actinidia deliciosa atau yang lebih dikenal dengan nama kiwi merupakan buah yang berasal dari cina.

Buah kiwi terdapat dua jenis, yaitu kiwi hijau dan kiwi kuning. Selain memiliki perbedaan pada warna kulitnya, kedua jenis buah kiwi tersebut memiliki perbedaan lainnya, kiwi hijau memiliki bentuk seperti lingkaran dan memiliki rasa yang manis, sedangkan kiwi kuning memiliki bentuk yang lonjong atau oval dan memiliki rasa agak asam.

Sebelum dikenal dengan nama kiwi, buah yang kaya akan serat ini pernah beberapa kali berganti nama. Di Cina, awalnya buah kiwi dikenal dengan nama mihoutao. Dari Cina tanaman mihoutao melanglang buana ke berbagai belahan dunia lainnya, salah satunya ke Selandia Baru. Pada awalnya negara Selandia Baru itu menamakan buah tersebut sebagai Chinese gooseberry. Namun saat itu merupakan masa perang dingin, sehingga buah tersebut kurang disukai karena memiliki nama yang berkaitan dengan nama negara atau bangsa. Kemudian saat akan dieskpor ke kawasan Amerika, sebuah perusahaan di Selandia Baru mengganti nama buah yang berasal dari cina tersebut menjadi melonettes. Namun lagi-lagi nama tersebut kurang menguntungkan. Akhirnya para importir menyarankan untuk mencari nama yang sederhana dari bahasa Maori (penduduk asli Selandia Baru). Muncullah nama kiwifruit, dan nama tersebutlah yang dikenal sampai saat ini.

Selain keunikan tersebut, buah kiwi memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin C, vitamin E, antioksidan, sumber serat, actinidain, dan ion potasium. Manfaat buah kiwi bagi kesehatan dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan dalam buah kiwi telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

  1. Melindungi Kulit

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah kiwi juga merupakan sumber vitamin E yang dapat melindungi kulit dari degenerasi.

 

  1. Kesehatan Pencernaan

Serat yang terdapat di dalam buah kiwi bermanfaat untuk mencegah sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Sehingga jika mengalami masalah pada pencernaan, Anda bisa mencoba mengatasinya secara alami dengan mengkonsumsi buah kiwi.

 

Selain itu, kandungan actinidain dalam kiwi mentah dapat membantu mencerna makanan. Kandungan actinidain tersebut sama halnya dengan bromelain dalam nanas dan papain dalam papaya.

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ion potassium yang terdapat dalam buah kiwi dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Mette Svendsen dari Oslo University Hospital, Newegia, menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah kiwi tiga kali sehari dapat menurunkan hipertensi.

 

  1. Kesehatan Mata

Kiwi juga mengandung betakaroten yang dapat mengaktifkan pro vitamin A menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Betakaroten yang terdapat dalam buah kiwi juga dapat mengobati katarak dan glukoma.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan