Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Globalestetik.com – Jeruk merupakah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan mudah ditemukan di mana saja serta memiliki harga yang sangat terjangkau. Selain mengandung vitamin C, buah jeruk juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya seperti serat, kalsium, vitamin A, fruktosa, flavonoid, gula, beta karotin, limonoid, polyphonel, karetonoid, dan karbohidrat. Kandungan vitamin C pada buah jeruk sudah mampu memasok 116% nilai harian asupan vitamin C yang tentunya sudah lebih dari cukup untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat. Para ahli kesehatan mengungkapkan jika buah jeruk memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

Mencerahkan Kulit

Buah jeruk memiliki manfaat untuk menutrisi kulit baik dari dalam maupun dari luar. Hal ini disebabkan karena buah jeruk mengandung vitamin C dan zat antioksidan yang sangat baik untuk menyehatkan serta mencerahkan kulit.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan penelitian, kandungan Hesperidin dan Magnesium dalam buah jeruk mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, konsumsi buah jeruk secara rutin sangat dianjurkan bagi seseorang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

Menurunkan Kolesterol

Selain dapat menurunkan tekanan darah, buah jeruk juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena buah jeruk mengandung serat yang cukup banyak serta mengandung nutrisi yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Bukan hanya itu saja, kandungan nutrisi yang ada pada buah jeruk ternyata juga berkhasiat untuk membakar kalori dan menghilangkan lemak dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Kandungan D-limonene pada buah jeruk merupakan senyawa anti kanker. Selain itu, enzim GTS (Glutatione S-Transferase) yang berkombinasi dengan senyawa limonoida mampu membantu tubuh untuk melakukan proses detoksifikasi sehingga zat karsinogen pada tubuh menjadi netral. Dengan demikian, buah jeruk memiliki manfaat untuk melawan pembentukan sel kanker yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, kandungan karetonid yang terdapat di dalam buah jeruk diyakini dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker hati.

Mengobati Sembelit

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung serat. Kandungan serat pada buah jeruk tersebut dapat membantu pencernaan menjadi lebih sehat serta dapat mengatasi masalah sembelit.

Mengobati TBC

Campuran air perasan jeruk manis dengan madu, dan garam dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati Tuberculosis (TBC). Selain TBC, obat tradisional yang terbuat dari air perasan jeruk tersebut juga dapat mengobati asma serta masuk angin.

Meski memiliki harga yang sangat terjangkau, ternyata buah jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang tidak kalah dengan berbagai buah lainnya. Oleh karena itu, jika ingin merasakan berbagai manfaat dan menjaga tubuh tetap sehat, konsumsi buah jeruk secara rutin mungkin dapat menjadi salah satu solusinya.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan