Manfaat Asam Jawa untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Globalestetik.com – Asam jawa merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan di Indonesia. Tanaman asam jawa memiliki batang pohon yang cukup keras dan tumbuh menjadi besar, serta memiliki daun yang rindai. Daun yang dimiliki asam jawa memiliki tangkai dengan panjang sekitar 17 cm.

Selain digunakan sebagai pelengkap rasa, tanaman yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica ini memiliki beragam kegunaan lainnya, salah satunya dapat mengobati berbagai penyakit. Manfaat asam jawa sebagai tanaman yang dapat mengobati berbagai penyakit memang sudah dikenal sejak lama. Bukan hanya itu saja, orang tua pada zaman dulu sering memanfaatkan buah dari asam jawa untuk mengobati luka, sariawan, hingga mengatasi gigitan serangga. Sedangkan daun asam jawa dapat digunakan untuk menurunkan demam.

Untuk mengetahui lebih jelas manfaat dari asam jawa, simak ulasan berikut ini.

1. Mengatasi Alergi

Rebusan buah asam jawa dengan campuran kapur sirih dan garam dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi alergi. Untuk membuat rebusan buah asam jawa Anda hanya perlu menyiapkan 3 golong buah asam jawa, garam secukupnya, dan sedikit kapur sirih ke dalam 3 gelas air. Minum hasil rebusan bahan-bahan tersebut 2 kali sehari.

2. Mengobati Penyakit Difteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Umumnya penderita penyakit ini akan merasakan gejala seperti demam, sakit tenggorokan, sulit bernapas, sulit menelan, dan mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan cara alami terlebih dahulu yaitu menggunakan obat yang terbuat dari asam jawa. Ramuan tersebut tidak hanya terbuat dari asam jawa, melainkan campuran dari 5 gram kencur, 5 gram lobak, 5 gram bawang putih, dan 10 gram daun papaya muda yang ditumbuk hingga halus. Setelah halus, tambahkan dengan segelas air panas. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut 3 kali sehari sebagai obat kumur.

3. Mengobati Sakit Perut

Selain dapat mengobati penyakit difteri, asam jawa juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk sakit perut. Obat alami untuk mengatasi sakit perut tersebut terbuat dari asam jawa dan kapur sirih yang ditumbuk hingga halus, lalu ditambahkan dengan minyak kayu putih. Balurkan obat alami tersebut pada perut yang sakit.

4. Mengobati Batuk Kering

Tidak hanya sakit perut, batuk kering pun dapat disembuhkan dengan meminum ramuan yang berbahan dasar asam jawa. Ramuan tersebut merupakan campuran asam jawa dan daun saga yang direbus ke dalam 4 gelas air. Untuk hasil maksimal, minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan