Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Mata Bengkak

Global Estetik – Kantung mata bengkak atau yang dikenal dengan istilah puffy eyes dapat terjadi disebabkan penumpukan cairan di sekitar kulit mata ketika tidur pada malam hari. Selain itu, mata bengkak atau sembab juga dapat terjadi akibat posisi tidur terlentang, reaksi alergi, retensi air, kurang tidur atau dapat juga disebabkan karena faktor keturunan.

Mata bengkak yang diakibatkan oleh retensi air dapat diatasi dengan menghindari konsumsi makanan tertantu yang menyebabkan terjadinya puffy eyes atau mata bengkak. Berikut ini berbagai jenis makanan yang harus Anda hindari jika tidak ingin memiliki mata bengkak saat bangun tidur.

Makanan Asin

Makanan yang mengandung garam dalam jumlah besar merupakan penyebab utama puffy eyes atau mata bengkak. Natrium (garam) memang dibutuhkan oleh tubuh, namun sistem tubuh akan memeriksa keseimbangan antara natrium dan air sebelum ginjal mengeliarkannya. Oleh karena itu, konsumsi makanan asin berlebihan akan merusak keseimbangan ini. Dengan demikian tubuh tidak akan membuang cairan tubuh sebelum keseimbangan antara natrium dan air dalam tubuh seimbang. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada mata. Oleh karena itu bijaklah dalam mengonsumsi makanan yang mengandung natrium tinggi.

Minuman Berakohol

Mata bengkak atau sembab juga dapat disebabkan karena konsumsi minuman berakohol. Bukan hanya mata yang bengkak, jika terlalu banyak konsumsi minuman berakohol seluruh wajah juga dapat terlihat bengkak keesokan harinya. Hal ini terjadi karena alkohol menyebabkan cairan dalam tubuh menjadi tertahan.

Minuman Berkafein

Selain konsumsi minuman berakohol, mata bengkak atau sembab juga dapat terjadi akibat konsumsi minuman berkafein. Kafein diketahui menjadi penyebab sistem ekskresi tubuh menjadi terganggu. Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein akan membuat Anda sering membuang air kecil sehingga keseimbangan tubuh akan terganggu. Kurangi asupan kafein secara bertahap selama beberapa minggu dan jangan tiba-tiba berhenti mengonsumsi minuman berkafein karena akan membuat tubuh menjadi mudah merasa lelah.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan