Langkah Tepat Saat Gigi Geraham Anda Retak atau Patah

Global Estetik – Apa yang harus anda lakukan jika anda atau siapa saja di keluarga anda memiliki molar yang retak atau patah? Melakukan hal-hal seperti menggigit es atau permen keras, atau memiliki kebiasaan menggiling gigi, bisa menyebabkan gigi menjadi pecah atau retak. Geraham anda sangat rentan terhadap retak karena mereka menyerap sebagian besar kekuatan dan tekanan selama anda mengunyah. Mungkin ada atau mungkin tidak terlihat gejala dari kejadian ini, namun segera buatlah pertemuan dengan dokter gigi pilihan anda secepatnya. Dokter gigi pilihan anda bisa memeriksa geraham anda dan menentukan seberapa kecil atau serius retakannya. Retakan kecil mungkin hanya masalah kosmetik, tapi fraktur serius memerlukan perawatan yang lebih serius.

Menunggu Pertemuan dengan Dokter Gigi

Mungkin ada sedikit atau bahkan tidak ada rasa sakit yang terkait dengan gigi yang retak. Anda mungkin hanya memperhatikan rasa sakit saat makan atau saat geraham terkena cairan panas atau dingin. Perhatikan di mana sebenarnya ada rasa sakit yang masuk sehingga anda bisa memberi tahu dokter gigi pihan anda ketika anda melakukan pertemuan nantinya. Cobalah untuk tidak mengunyah di sisi mulut yang memiliki geraham yang retak. Menggigit bisa membuka celah dan mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi yang mengandung saraf dan pembuluh darah.

Celah Minor di Gigi

Jika retak kecil dan hanya mempengaruhi lapisan luar gigi yang keras, yang dikenal sebagai enamel, maka dokter gigi mungkin tidak akan merekomendasikan perawatan apapun. Retakan kecil ini relatif umum pada gigi orang dewasa. Mereka dikenal sebagai craze lini. Dengan hanya memoles gigi anda, dokter gig bisa memperbaiki penampilannya.

 

Pengobatan untuk Geraham yang Retak

Bila retakan menembus lebih dari enamel, diperlukan perawatan untuk mencegah masalah seperti infeksi atau fraktur yang lebih dalam. Bergantung pada seberapa parah retaknya, dokter gigi pilihan anda mungkin merekomendasikan pemasangan mahkota, saluran akar (root canal), atau pengangkatan gigi. Dalam beberapa kasus bahan pengisi bisa digunakan untuk memperbaiki retakan dan mahkota bisa menghentikannya agar tidak bertambah parah. Jika jaringan lunak di dalam gigi anda telah terpengaruh, dokter gigi mungkin merekomendasikan prosedur saluran akar gigi untuk mengangkat jaringan yang rusak. Meskipun prosedur saluran akar adalah perawatan yang lebih intens daripada mahkota, ia dapat membantu menyelamatkan gigi anda jika terjadi retakan yang mempengaruhi seluruh gigi. Pilihan terakhir adalah pengangkatan geraham. Hal ini dilakukan saat gigi tidak bisa diselamatkan karena akar gigi sudah rusak.

 

Kecelakaan, makanan yang sangat keras, dan bahkan penggilingan gigi bisa menyebabkan retak atau patah. Segera temui dokter gigi pilihan anda untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk mengembalikan state sempurna dari gigi anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan