Khasiat Lidah Buaya bagi Kesehatan

Global Estetik – Lidah buaya atau yang memiliki nama Latin Aloe Vera merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering dijadikan sebagai obat alami. Lidah buaya mengandung berbagai nutrisi seperti antibakteri dan anti-inflamasi. Umumnya lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Namun bukan hanya itu saja, lidah buaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Mulut

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meminum jus lidah buaya dapat mengatasi masalah mulut secara efektif. Satu gelas jus lidah buaya yang dikonsumsi secara rutin dapat mencegah pembentukan plak pada gigi dan mencegah luka pada mulut. Selain itu, jus lidah buaya juga dapat mencegah terjadinya sariawan.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam lidah buaya bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit berbahaya. Meminum jus lidah buaya secara teratur akan membuat tubuh memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

Mengatur Gula Darah

Meminum jus lidah buaya tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun tubuh, tetapi juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi jus lidah buaya mengalami perbaikan gula darah. hHl disebabkan karena lidah buaya mengandung senyawa anthraquinones, lektin dan mannans.

Detoksifikasi

Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh dapat dilakukan dengan meminum jus lidah buaya. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya yang dapat membantu tubuh meminimalisir racun dalam tubuh.

Mempercepat penyembuhan

Lidah buaya mengandung vitamin B, C, dan E yang dapat bertindak sebagai akselerator penyembuhan untuk goresan, luka, hingga luka bakar ringan. Sebagai akselerator penyembuhan, Anda dapat memanfaatkan gel pada lidah buaya yang dioleskan pada bagian tubuh yang luka atau terkena goresan. Selain itu, lidah buaya juga dapat menghilangkan gatal pada kulit.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari lidah buaya, kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan dan mengonsumsi jus lidah buaya.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan