Kerusakan Enamel: Apa dan Bagaimana ?

Global Estetik – Enamel (email) gigi adalah zat terkuat dalam tubuh manusia, tapi itu tidak berarti bahwa itu tidak mudah membusuk. Gigi anda terus-menerus terkena zat-zat yang merusak, seperti gula dan asam yang ditemukan dalam makanan yang dapat meningkatkan risiko kerusakan. Anda mungkin bahkan tidak memperhatikan enamel gigi anda telah aus, jadi inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dan apa yang dapat anda lakukan untuk mencegah kerusakan enamel.

Apa itu Kerusakan Enamel?

Enamel gigi adalah zat luar yang keras dari gigi yang melindungi gigi dalam yang lebih lembut dan sensitif, yang disebut dentin. Jika enamel terkena bakteri yang merusak yang dibiakkan dari gula dan pati, atau asam dari buah sitrus dan kopi, misalnya, zat tersebut mulai rusak. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk benar-benar menyikat gigi dan floss setidaknya dua kali setiap hari untuk memastikan bahwa zat berbahaya ini tidak selalu terhubung dengan enamel gigi anda terlalu lama.

Enamel juga bisa rusak karena masalah pada gigi atau luka lisan. Gigi pecah atau retak dapat mengekspos bagian dalam gigi, membuatnya rentan terhadap pembusukan tanpa perlindungan dari enamel. Pastikan untuk bertanya kepada dokter gigi pilihan anda tentang perlindungan gigi jika anda rentan terhadap hal ini. Begitu email hilang, tubuh tidak menggantikannya, itulah sebabnya mengapa menjaganya sangat penting.

Seperti apa Tampilan Enamel?

Kehilangan enamel bisa muncul dalam berbagai cara termasuk perubahan warna, sensitivitas saat mengkonsumsi makanan panas dan dingin dan minuman, dan gigi yang lebih mudah tergores atau retak. Segera setelah anda melihat gejala-gejala ini atau menduga bahwa anda menderita kehilangan enamel, beritahu dokter gigi sehinggaanda dapat mengatasi masalah ini dengan segera sebelum hal itu berlangsung.

 

 

Bagaimana Cara Mengganti Enamel yang Rusak?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sekali enamel hilang maka tidak bisa diganti. Tapi enamel yang lemah bisa dihemat melalui proses yang disebut remineralisasi, yang menggantikan mineral yang hilang di email, sehingga membuatnya kuat sekali lagi. Produk dengan fluoride, seperti pasta gigi berfluoride dan makanan yang mengandung kalsium tinggi, sangat bagus untuk membantu remineralisasi. Fluoride bertindak sebagai penghalang antara gigi dan zat perusak seperti gula, pati, dan asam, melindungi enamel dan gigi yang lemah.

Apa yang terjadi jika email saya hilang?

Tanpa enamel, bagian sensitif gigi anda terkena dan rentan terhadap zat perusak, jauh lebih rentan terhadap kerusakan, dan bisa menjadi sangat sensitif dan menyakitkan. Karena enamel melindungi bagian dalam gigi, tanpanya, gigi akan memburuk dan membusuk dengan sangat cepat, mengakibatkan sakit gigi, kehilangan gigi, infeksi, dan penyakit gusi yang mungkin terjadi. Untuk mulut dengan kehilangan enamel yang canggih, gigi tiruan dapat dipasang sebagai solusi untuk menangkal pembusukan lebih lanjut dari gigi, gusi, dan keseluruhan struktur rahang.

Bagaimana cara mencegah kerusakan enamel?

Flossing dan menyikat gigi dua kali setiap hari dengan pasta gigi berfluoride adalah metode pencegahan pencegahan termudah dan paling efektif untuk memerangi dan mencegah kehilangan enamel. Menggunakan obat kumur yang melawan kerusakan enamel juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rutinitas ini, dan akan memberikan perlindungan ekstra sepanjang hari. Dan, tentu saja, mengunjungi dokter gigi pilihan anda setiap enam bulan untuk pembersihan profesional adalah langkah kunci untuk memastikan bahwa seluruh mulut anda mendapat pembersihan, dengan menargetkan daerah sulit dijangkau di mana bakteri yang merusak dapat tinggal.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan