Kenal Lebih Dekat dengan Zirconia Crowns

Global Estetik – Kedokteran gigi kosmetik adalah bidang yang sukses, karena siapa yang tidak menginginkan senyuman yang indah? Bila pasien memerlukan mahkota gigi mereka, mahkota zirkonia adalah salah satu pilihan yang bisa direkomendasikan oleh dokter gigi pilihan anda.  Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang zirkonia, bagaimana membandingkannya dengan mahkota porselen, dan kelebihan serta kekurangannya. Jika Anda memilih jenis mahkota ini, bagaimana anda merawatnya dan berapa biayanya dibandingkan jenis perawatan lainnya?

Apa itu Zirconia Crowns

Zirkonia adalah logam yang diklasifikasikan sebagai anggota keluarga titanium dan ditambang di seluruh dunia. Hal ini ditemukan di alat makan dan perlengkapan listrik di antara produk lainnya. Material ini dikenal karena daya tahannya, menjadikannya produk ideal untuk digunakan pada mahkota gigi, terutama mahkota posterior yang membutuhkan banyak kekuatan untuk mengunyah dan menggiling makanan, seperti apa yang dilaporkan pada sebuah studi yang diterbitkan oleh The Open Dentistry Journal.

Logam ini telah menjadi populer sebagai bahan mahkota, karena dipasok ke klinik dokter gigi dalam bentuk blok, yang kemudian digiling oleh mesin pemotong komputer (CAD CAM) menjadi bentuk gigi. Kemudian, setelah dipasang, disemen di dalam mulut pasien. Karena keseluruhan proses dapat dicapai dalam satu janji temu dengan dokter gigi, gigi ini telah banyak digunakan oleh dokter gigi, karena pasien dapat memiliki bentuk mahkota dan disemen dalam waktu yang jauh lebih sedikit daripada mahkota porselen tradisional, yang mungkin memerlukan waktu beberapa minggu untuk memproduksi, dan memerlukan kunjungan sementasi disamping kunjungan awal.

Keuntungan dan Kekurangan Zirconia Crown

Banyak kantor gigi mungkin mengenakan biaya lebih sedikit untuk mahkota zirkonia dibandingkan dengan mahkota porselen, karena tidak harus dioutsourcing ke laboratorium gigi luar. Selain itu, dengan laju kehidupan yang padat saat ini, banyak pasien lebih memilih satu janji temu dokter gigi untuk kenyamanannya, karena ini berarti semakin sedikit waktu untuk bekerja. Mahkota dapat dengan mudah disesuaikan dengan dokter gigi pada hari itu dan disemen ketika ukurannya telah sangat cocok untuk pasien.

Zirkonia sebagai bahan tidak tembus pandang (membiarkan cahaya) seperti mahkota porselen, sehingga pasien mungkin tidak menyukai penampilannya, kata Dental Economics. Kemajuan sedang dilakukan untuk memperbaiki warna dan tampilan mahkota zirkonia, sehingga ke depan, penampilannya mungkin tidak masalah. Salah satu kualitas zirkonia terbaik adalah kekuatannya. Proses penyesuaian pada hari pemasangan mahkota pada beberapa kasus bisa memakan waktu sedikit lebih lama dari mahkota porselen tradisional, namun kecanggihan mesin penggilingan baru merampingkan proses itu, menurut Dentistry Today.

Bagaimana Merawat Zirconia Crown ?

Untuk merawat dental crown zirconia anda, sikat dan floss seperti biasanya. Sikat dengan sikat gigi yang menghilangkan bakteri dari gigi, lidah, pipi dan gusi. Mahkota Zirkonia bisa menjadi pilihan yang baik bagi banyak pasien yang menjalani perawatan mahkota, dan kebiasaan perawatan mulut yang rutin dapat membantu memastikan kepuasan dan kesehatan gigi bagi pasien.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan