Kelebihan dan Kekurangan Materi Penambal Gigi dari Bahan Komposit

Global Estetik – Material penambal komposit, juga dikenal sebagai tambalan putih, telah menggantikan kebutuhan untuk bahan amalgram perak untuk mengisi daerah gigi yang telah dipengaruhi oleh kerusakan gigi dan gigi berlubang. Mayoritas pasien sekarang memilih bahan komposit meskipun faktanya tambalan berbahan ini lebih mahal daripada tambalan perak.

 

Properties Material Resin Komposit
  • Terbuat dari : Campuran partikel plastik dan partikel halus.
  • Jenis : Langsung dan tidak langsung. Penambalan langsung ditempatkan oleh dokter gigi anda menggunakan sinar biru terang yang mengeraskan bahan komposit. Untuk tambalan tidak langsung, dokter gigi anda akan menyiapkan gigi dan mengambil kesannya. Laboratorium atau dokter gigi kemudian akan membuat tambalan dari cetakan. Selama kunjungan kedua, dokter gigi akan menyeemen gigi anda dengan tambalan yang telah dibuat tadi.
  • Digunakan untuk : tambalan kecil dan besar, terutama di gigi depan atau bagian gigi yang terlihat; Juga untuk inlays
  • Durasi Ketahanan : Setidaknya lima tahun
  • Biaya: Lebih mahal dari amalgam, dan lebih murah dari emas

 

Kelebihan Materi Resin Komposit

Material tambalan komposit menawarkan sejumlah manfaat lebih dibandingkan tambalan amalgram perak, yang mengandung merkuri dan dianggap oleh banyak orang meracuni tubuh.

  • Bahan komposit bisa mengembalikan dan memperkuat gigi; Penambalan perak justru melemahkan gigi karena logam bisa melebar dan berkontraksi berdasarkan perubahan suhu, membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.
  • Dokter gigi tidak perlu mengeluarkan banyak struktur gigi alami anda saat mempersiapkannya untuk tambalan komposit, sedangkan lubang yang dibutuhkan untuk tambalan perak secara signifikan lebih besar.
  • Tambalan putih meningkatkan kesehatan gigi tanpa merusak penampilan mereka dengan tambalan gelap.
  • Hanya sedikit perasaan nyeri pasca perawatan dan sensitivitas yang terkait dengan penggunaan material komposit versus tambalan perak.
  • Tambalan atau inlay akan cocok dengan warna gigi anda.
  • Proses penambalan dapat diselesaikan dalam satu kunjungan ke klinik dokter gigi. Inlays mungkin memerlukan dua kunjungan.
  • Material komposit resin, bisa mengikat langsung ke gigi. Hal ini membuat gigi lebih kuat daripada dengan pengisian berbahan amalgam.
  • Pengisian komposit tidak langsung dan inlays dibuat dengan tingkatan panas yang tinggi. Langkah ini meningkatkan kekuatan mereka.
  • Resin komposit dapat digunakan dalam kombinasi dengan bahan lain, seperti glass ionomer, untuk memberikan manfaat dari kedua bahan tersebut.

 

Kekurangan Materi Resin Komposit

Tidak ada risiko kesehatan yang diketahui terkait dengan penggunaan tambalan berbahan komposit. Namun, beberapa pasien mengalami ketidaknyamanan ringan pada hari-hari pertama setelah prosedur. Pasien dapat merasakan adanya rasa sakit dan kepekaan terhadap makanan dan minuman panas dan dingin, terutama pada minggu pertama atau kedua setelah perawatan.

Meskipun resin komposit dalam perkembangannya menjadi lebih kuat dan lebih tahan lama, tidak jelas apakah mereka bertahan selama tambalan amalgam di bawah tekanan mengunyah. Komposit juga bisa menyusut saat ditempatkan, menghasilkan celah antara gigi dan tambalan. Hal ini dapat menyebabkan rongga lebih luas di daerah dimana pengisian tidak membuat kontak dengan baik dengan gigi anda. Namun secara general tipe material ini tidak menimbulkan masalah yang serius.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan