Kelebihan dan Kekurangan Invisalign dan Orthodontic Retainer

Global Estetik – Ada beragam jenis behel gigi yang ditawarkan di klinik gigi pilihan anda, dan apabila anda merasa tidak nyaman dengan penggunaan behel gigi konvensional ada banyak pilihan rahasia lainnya untuk membantu anda dalam memperbaiki letak gigi anda. Berikut kami coba jelaskan kekurang dan kelebihan beberapa pilihan prosedur untuk membantu anda dalam meraih senyum indah anda.

Invisalign®

Invisalign adalah tipe behel removable yang populer yang menggunakan clear aligners untuk meluruskan gigi. Tanpa bekas logam, ia dengan lembut menggerakkan gigi dengan menggunakan serangkaian pelurus plastik yang transparan.  Produk Invisalign anda akan dibuat khusus hanya untuk anda, dan masing-masing akan menggerakkan gigi anda sedikit demi sedikit menuju posisi yang diinginkan.

Karena tidak ada kabel logam atau bracket, Invisalign akan tampak sangat tidak terlihat. Yang terbaik dari penggunaan produk ini adalah, Anda bisa melepas invisalign anda untuk menikmati semua makanan yang sulit dimakan dengan kawat gigi konvensional. Namun tetap pastikan anda menggunakan behel ini minimal 20 jam setiap harinya.

Kelebihan
  • Invisalign bisa dilepas untuk makan, minum dan menyikat gigi
  • Behel jenis sangat tidak mencolok dan penampilannya sangat discreet
  • Dokter gigi anda akan dapat menunjukkan kepada anda representasi digital tentang bagaimana gigi anda akan terlihat setelah anda menyelesaikan perawatan menggunakan behel jenis ini.
Kekurangan
  • Invisalign hanya akan efektif jika anda memakai produk ini untuk jumlah waktu yang disarankan.
  • Ada beberapa masalah yang lebih kompleks yang akan lebih sesuai dengan penggunaan kawat gigi tetap.
  • Karena harus diganti per dua minggu, harga perawatan akan menjadi sedikit lebih banyak dibanding penggunaan kawat gigi konvensional
Retainers

Apabila dilihat dari sistemnya retainer bukanlah jenis  dari kawat gigi. Alih-alih memindahkan gigi anda, tugas mereka adalah menahan gigi yang baru saja melepaskan behel di posisi baru mereka. Retainer sangat krusial dalam menjaga hasil dari penggunaan behel gigi sebelumnya sehingga ia layak mendapat tempat sejajar bersama kawat gigi lainnya.

Ada dua macam Retainer yang umum digunakan, retainer  yang dapat dilepas terdiri dari vacuum mouth guard transparan yang pas dengan gigi anda untuk menahannya dalam posisi semula, serta retainer tetap yang berupa kawat baja stainless tipis yang melekat secara permanen di belakang gigi depan anda di mana mereka menghentikan gigi anda bergerak 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Kelebihan
  • Setelah beberapa lama menggunakan retainer anda yang dapat dilepas seharian penuh, untuk periode selanjutnya anda hanya perlu memakainya di malam hari
  • Retainer tetap sangat tidak mencolok dan anda akan segera lupa bahwa mereka ada di sana.
Kekurangan
  • Jika anda tidak memakai retainer anda dengan baik dan teratur, gigi anda bisa bergerak dan membatalkan semua kerja keras penggunaan behel gigi pada proses sebelumnya.
Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan