Kelebihan dan Kekurangan Behel Self Ligating dan Behel Lingual

Global Estetik – Kawat gigi terbuat dari berbagai komponen, namun braket dan karet penghubung adalah bagian terpenting dari semuanya. Bracket adalah potongan yang terikat langsung ke gigi dan pita penghubung adalah yang koneksi yang menghubungkan antar bracket. Archwire inilah yang sebenarnya membantu menggerakkan gigi di sekitar mulut anda. Bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, bracket hanya berfungsi sebagai pegangan, bagi karet penghubung atau archwire. Archwire ini menerapkan tekanan lembut dan stabil pada gigi dan inilah yang sebenarnya membuat gigi anda bergerak ke posisi yang dibutuhkan. Penghubung berbahan elastis ini juga digunakan untuk memastikan gigi bagian atas dan bawah dapat menggigit dengan benar.

Terlepas dari rumitnya proses estetika dibalik pemasangan behel gigi, jelas tentu akan ada kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis behel gigi yang ditawarkan oleh klinik dokter gigi pilihan anda. Semua kembali lagi pada kemampuan finansial dan kebutuhan anda, namun di klinik dokter gigi sekelas Global Estetik, semua masalah tersebut dapat dibicarakan bersama dengan dokter gigi terbaik pilihan anda.

Kawat Gigi Self Ligating 

Kawat gigi self-ligating terlihat sangat mirip dengan kawat gigi tetap tradisional yang ortodontis telah digunakan untuk meluruskan gigi selama beberapa dekade. Namun, mereka sekarang tersedia dengan bracket yang transparan atau keramik, membuat mereka jauh lebih tidak terlihat.

Behel tipe ini juga menggunakan klip bukan pita elastis untuk menahan kawat bracket di tempat. Hal ini menciptakan sedikit gesekan dan membuatnya lebih mudah bagi anda untuk menyikat diantara behel dan menjaga kebersihan gigi selama perawatan ortodontik anda.

Kelebihan
  • Behel jenis ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah sederhana atau kompleks dengan efektif
  • Mereka juga dapat mencapai hasil yang tepat dengan memberi dokter gigi anda kendali penuh atas cara gigi anda bergerak.
Kekurangan
  • Behel gigi self-ligating transparan tidak benar-benar tersembunyi
  • Anda perlu menyikat dengan hati-hati di sekitar bracket dan wire agar gigi tetap bersih.
Behel Gigi Lingual

Lingual braces menempel pada sisi lidah dan  gigi Anda. Tidak ada yang bisa melihat mereka, tapi behel jenis ini akan bekerja keras untuk meluruskan gigi anda dari dalam. Behel lingual Anda akan terlihat dan berfungsi seperti behel konvesional biasa, menggunakan bracket dan wire penghubung untuk secara bertahap menggerakkan gigi anda.

Namun, dalam kasus kawat gigi lingual, bracket dibuat sesuai dengan permukaan belakang gigi anda yang lebih tidak beraturan. Jika Anda mencari jenis behel yang tersembunyi, ini adalah crème da la crème dari kawat gigi ‘tak terlihat’.

Kelebihan
  • Behel Lingual ini benar-benar tersembunyi dari pandangan
  • Mereka juga dapat digunakan untuk mengobati sebagian besar masalah pada gigi anda.
Kekurangan
  • Perlu beberapa hari untuk lidahanda menyesuaikan diri dengan behel jenis ini dan mungkin akan beberapa kali melukai lidah anda pada awalnya
  • Lingual braces membutuhkan keahlian dan keahlian khusus untuk memasangnya, sehingga biasanya lebih mahal dari kawat gigi lainnya.
Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan