Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Part 2

Global Estetik –  Studi telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang pasti antara kesehatan mulut yang buruk pada ibu hamil dan kemungkinan komplikasi dengan kelahiran. Komplikasi ini dapat mencakup kontraksi dini bagi ibu, kelahiran prematur, berat lahir rendah untuk bayi, atau infeksi pada bayi yang baru lahir. Gingivitis pada wanita hamil yang tidak diobati adalah penyebab utama komplikasi ini, karena bakteri di mulut ibu tertelan dan ditransfer ke bayi melalui darah dan cairan amnion rahim.

Untuk mencegah hal ini, rajin menyikat gigi dan flossing setidaknya dua kali setiap hari adalah kuncinya, begitu pula pemeriksaan rutin ke dokter gigi anda. Profesional gigi  akan dapat menawarkan nasihat ahli mereka tentang cara terbaik untuk mengobati masalah kesehatan mulut anda selama masa kehamilan.

Apakah Aman bagi Saya untuk Melakukan Prosedur Gigi Selama Kehamilan?

Profesional gigi pilihan anda tidak akan pernah melakukan prosedur yang bisa membuat anda tidak nyaman saat hamil, atau yang dapat menyebabkan bahaya potensial. Jadi, yang jelas, langkah paling penting adalah memberi tahu dokter gigi pilihan anda saat anda mengetahui bahwa anda hamil, dan sebelum anda duduk di kursi dokter gigi.

Secara umum, prosedur rutin dan non-darurat seperti pembersihan gigi secara teratur dapat dilakukan dan sangat dianjurkan selama kehamilan. Prosedur yang dapat ditunda biasanya harus ditahan sampai setelah kehamilan sehingga tidak menyebabkan stres yang tidak diperlukan pada ibu dan bayi.

Haruskah Saya Minum Obat yang Diresepkan Selama Kehamilan?

Adapun untuk obat yang dokter gigi tetapkan, pastikan untuk mengatakan kepada mereka bahwa anda hamil, seberapa lama anda tleah hamil, dan obat apa yang telah anda minum atau baru saja diresepkan. Selama mereka memiliki informasi ini, mereka akan dapat membuat keputusan tentang apa yang terbaik untuk anda dan si kecil. Dokter gigi pilihan anda tidak akan pernah meresepkan sesuatuyang akan berbahaya, dan dengan senang hati akan mendiskusikan masalah apa pun yang anda alami tentang pengobatan anda.

Dapatkah saya masih menjalani prosedur x-ray dental selama kehamilan?

Radiasi yang dipancarkan oleh sinar-X gigi tidak cukup tinggi untuk benar-benar mempengaruhi bayi yang sedang berkembang di rahim ibu, jadi tidak perlu khawatir. Namun, banyak calon ibu masih memilih untuk tidak melakukan rontgen gigi rutin, demi kenyamanan. Fokus utama dokter gigi pilihan anda, selain memperbaiki gigi dan gusi, adalah membuat anda merasa nyaman. Jadi jika anda memilih untuk tidak melakukan prosedur, mereka akan melakukan semua yang mereka bisa untuk membuat rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan anda sesempurna mungkin.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan