Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Part 1

Global Estetik –  Semua orang tahu bahwa bersama dengan kehamilan banyak terjadi perubahan biologis dan fisik. Tapi tahukah anda bahwa mulut anda juga berubah? Memang benar, dan itu berarti kebutuhan dan perawatan gigi anda juga akan berubah. Baca terus untuk mengetahui perubahan apa yang dapat anda harapkan selama kehamilan, bagaimana cara menghadapinya, dan apa lagi yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan kesehatan mulut anda saat menunggu kelahiran sang buah hati tercinta.

Apa yang Harus Saya Awasi Selama Kehamilan?

Banyak wanita mengalami gusi merah dan bengkak sampai tingkat tertentu selama kehamilan mereka. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh perubahan hormon yang dialami wanita saat mereka hamil, yang membuat gusi lebih sensitif, mudah terluka, dan lebih mudah mengalami pendarahan. Karena kepekaan yang tinggi ini, penumpukan bakteri di sepanjang garis gusi dapat mengganggu gusi dan menyebabkannya pembengkakan atau berdarah.

Kejadian ini kadang-kadang disebut sebagai “gingivitis kehamilan” dan cara terbaik untuk mencegahnya adalah memastikan bahwa Anda sedang flossing dan menyikat gigi dua kali setiap hari dengan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi berfluoride, dan pastikan bahwa anda melakukan checkup rutin ke dokter gigi anda.

Hal lain yang harus diperhatikan selama kehamilan adalah bagaimana morning sickness bisa mempengaruhi gigi anda. Asam lambung yang kuat melewati mulut kita saat kita muntah, dan asam ini sangat korosif pada gigi kita. Jika tidak dibersihkan dengan benar, asam ini bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan kerusakan yang parah. Pastikan untuk benar-benar membilas mulut anda, segera setelah mengalami morning sickness, dan sebelum menyikat gigi dan flossing.

Anomali oral terakhir yang mungkin anda alami selama kehamilan umumnya dikenal sebagai “tumor kehamilan”. Ini adalah pertumbuhan jaringan jinak, non-kanker yang muncul pada gusi, biasanya sekitar trimester kedua. Mereka adalah benjolan merah yang biasanya hilang setelah kelahiran bayi, tapi jika tidak dan anda khawatir tentang mereka, konsultasikan dengan ahli gigi pilihan anda tentang apakah mereka bisa diangkat.

Haruskah saya tetap ke dokter gigi saat hamil?

Pastinya ! proses ini adalah saat yang kritis dalam hidup anda ketika mulut dan kesehatan anda secara keseluruhan akan berubah secara dramatis, sehingga mendapatkan bantuan dan nasihat dari setiap profesional yang tersedia sangat berharga. Pastikan untuk menjadwalkan pembersihan gigi secara teratur selama kehamilan anda untuk kesehatan bayi dan anda, dan dokter gigi pilihan anda pasti bisa mengawasi keseluruhan kesehatan mulut anda. Mereka akan memberikan perawatan khusus untuk anda dan memberi saran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pengalaman anda untuk mendapatkan perawatan gigi terbaik.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan