Kedokteran Gigi Untuk Keluarga – Family Dentistry Untuk Kelompok Lanjut Usia

Global Estetik – Seperti halnya dengan setiap bagian tubuh manusia, gigi juga cenderung dapat membusuk, melemah, dan patah lebih sering seiring perkembangan waktu. Untuk ini dan sejumlah alasan lain, kaum lanjut usia sering memerlukan perawatan gigi rekonstruktif yang lebih ekstensif daripada pasien yang lebih muda. Karena beberapa orang tua mungkin terbatas dalam aktivitas atau tidak dapat mengatasinya sendiri, pasien ini mungkin akan menjalani pemeriksaan gigi reguler dan bahkan perawatan rutin di rumah. Penting bagi kelompok umur lanjut usia untuk mengetahui bahwa tidak ada kata terlambat untuk menjaga dan melindungi kesehatan gigi dan gusi seseorang. Meskipun gigi bisa melemah seiring berjalannya waktu, kedokteran gigi modern menawarkan sejumlah solusi untuk memastikan bahwa bahkan lansia pun dapat menikmati senyuman sehat dan indah seumur hidup.

Pengobatan Gigi Restoratif: Beberapa perawatan gigi restoratif yang biasa dilakukan oleh manula meliputi pemasangan mahkota gigi, jembatan, penggantian tambalan tradisional dengan tambalan bebas logam, dan penggunaan gigi tiruan atau implan gigi untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh gigi yang hilang. Jika pasien memiliki sejumlah gigi yang mengalami kerusakan parah, dokter gigi restoratifnya mungkin merekomendasikan rekonstruksi mulut penuh. Rekonstruktif dan restoratif mengacu pada seperangkat prosedur yang dirancang untuk mengganti gigi yang hilang, memperbaiki gigi yang rusak, memperbaiki sendi rahang yang benar dan gigitan yang salah, mengatasi kerusakan tulang rahang dan kerusakan gusi, mengganti gigi yang sudah usang, dan dalam beberapa kasus, mengobati penyakit pada mulut. Masing-masing prosedur rekonstruktif ini dapat dilakukan secara independen, namun bila ada banyak masalah kesehatan mulut ditemukan maka rekonstruksi mulut penuh dapat disarankan oleh dokter gigi pilihan anda.

Gigi palsu dan implan gigi: Bagi banyak manula, tujuan utama pergi ke dokter gigi adalah mengganti gigi yang telah hilang, untuk alasan apapun. Gigi yang hilang lebih dari sekedar masalah estetika; Gigi di sekitarnya mungkin bergeser dari posisi ke arah celah, bakteri lebih cenderung tumbuh dalam makanan yang terjebak dalam celah ini, dan kemampuan untuk mengunyah dan berbicara bisa sangat terganggu. Sementara mahkota gigi atau mahkota dan sistem jembatan dapat digunakan untuk mengganti satu atau dua gigi, banyak manula membutuhkan solusi yang lebih komprehensif seperti gigi palsu atau implan gigi. Gigi palsu yang custom-made, gigi pengganti yang dapat dilepas. Mereka dapat dibangun untuk mengganti hanya beberapa gigi atau keseluruhan set, tergantung pada kebutuhan pasien.

Periodontics dan Penyakit pada Gusi: Masalah gigi umum lainnya yang dihadapi oleh lansia adalah penyakit periodontal, atau gusi. Karena penyakit gusi telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, sangat penting bahwa pasien dari semua umur menjalani skrining periodontal rutin.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan