Kedokteran Gigi Untuk Keluarga – Family Dentistry [Pemeriksaan Gigi]

Global Estetik – Praktik kedokteran gigi keluarga dirancang untuk memberikan perawatan gigi umum bagi pasien dari segala usia, mulai dari anak kecil hingga lansia. Selama setiap tahap kehidupan seseorang, dia memerlukan perawatan gigi yang sedikit berbeda. Misalnya, fokus dengan anak-anak yang lebih muda mungkin adalah pengembangan rutinitas kebersihan mulut yang akan meningkatkan kesehatan gigi sehat untuk seumur hidup. Remaja, di sisi lain, mungkin ingin menjalani perawatan ortodontik, dan warga lanjut usia lebih cenderung tertarik pada perawatan dan solusi perawatan gigi restoratif seperti implan gigi.

Pemeriksaan Gigi

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya pemeriksaan gigi reguler dan apa yang terjadi selama pemeriksaan gigi:

  1. Pemeriksaan gigi: Dokter gigi pilihan anda akan menggunakan cermin kecil dan pick untuk memeriksa setiap gigi. Cermin membantu dokter memastikan bahwa gigi dapat diperiksa dari setiap sudut, sementara pick dapat digunakan untuk menguji kekuatan enamel anda, mendeteksi rongga, atau untuk mencari tambalan yang mungkin perlu diganti.
  2. Sinar-X: Kebanyakan dokter gigi sekarang memiliki sinar-X digital yang mengekspos pasien dengan radiasi yang jauh lebih sedikit daripada sinar-X gigi tradisional. Sinar-X sangat penting dalam menentukan apakah akar gigi, tambalan, dan struktur tulang rahang dalam keadaan sehat. Lebih jauh lagi, penting untuk mengambil gambar citraan sinar-X dari semua pasien baru untuk digunakan sebagai referensi jika masalah muncul di masa depan.
  3. Pemeriksaan periodontal: Kebanyakan orang dewasa menderita beberapa tingkat penyakit periodontal (gusi). Ketika dideteksi dalam tahap awal, kebanyakan bentuk penyakit gusi mudah diobati, namun bila penyakit gusi diijinkan untuk berkembang, hal itu dapat menyebabkan kehilangan gigi atau bahkan kehilangan tulang. Dokter gigi anda akan dengan lembut memeriksa perubahan warna gusi, pembengkakan, dan “kantong”, daerah dimana gusi menjauh dari gigi karena bakteri. Dia juga mungkin menggunakan alat diagnostik yang lebih canggih seperti DIAGNOdent® untuk memeriksa gusi anda secara menyeluruh.
  4. Skrining kanker mulut: Riset terbaru melaporkan bahwa hanya sekitar satu setengah pasien yang didiagnosis dengan kanker mulut bertahan selama lebih dari lima tahun. Kanker mulut bisa tampak seperti bintik putih atau merah di mulut, dan mungkin sangat sulit dideteksi dengan mata telanjang. Beberapa dokter gigi menggunakan sistem VarianLite® atau VELscope® Cancer Screening untuk mendeteksi kanker pada tahap awal.
  5. Pemeriksaan kepala dan leher: Dokter gigi pilihan anda mungkin akan meraba kelenjar di leher anda, termasuk kelenjar ludah yang ditemukan di bawah dagu dan rahanganda, untuk mendeteksi adanya kelainan. Pemeriksaan tengkorak di mana tulang rahang bertemu juga merupakan bagian dari pemeriksaan ini, karena dapat membantu dokter gigi mendiagnosis gangguan TMJ atau masalah oklusal (gigitan) lainnya yang mungkin tidak anda sadari.
Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan