Kedokteran Gigi Untuk Keluarga – Family Dentistry [Kebersihan Gigi Remaja]

Global Estetik – Banyak orang tua menganggap bahwa saat anak-anak mereka memasuki usia remaja, mereka menjadi kurang waspada dalam menjaga rutinitas kebersihan mulut yang sehat. Remaja cenderung mengonsumsi makanan ringan yang lebih manis dan minum lebih banyak soda daripada anak-anak yang lebih muda, jadi sangat penting bagi mereka untuk menyikat dan membersihkan gigi secara teratur. Selanjutnya, banyak remaja yang pada akhirnya melakukan kegiatan membersihkan gigi dengan jadwal yang tidak teratur, dan mungkin tidak begitu berdedikasi untuk menyikat gigi dan flossing reguler seperti anak-anak yang lebih atau orang dewasa yang lebih tua dan lebih peduli.

Kurangnya menyikat gigi seperti ini dapat menyebabkan penyakit periodontal, kerusakan gigi yang memerlukan terapi perawatan saluran akar, ekstraksi gigi, dan sejumlah masalah serius lainnya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan profesional gigi bekerja sama untuk mendidik remaja dengan memberikan penjelasan tentang mengapa kebersihan mulut penting dan tentang cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

  1. Pengobatan Ortodontik untuk Remaja: Banyak remaja menjalani perawatan ortodontik untuk meluruskan gigi, menyelaraskan rahang dengan benar, dan kelainan gigitan yang benar. Sementara perawatan ortodontik untuk remaja sangat umum terjadi di belahan dunia manapun, banyak remaja yang sadar diri takut akan prospek memiliki kawat gigi perak. Untungnya, teknologi maju dalam bentuk kawat gigi tak terlihat seperti sistem Invisalign® dan veneer porselen yang tampak alami memungkinkan pasien memperbaiki penampilan gigi mereka secara relatif diam-diam.
  2. Pengangkatan Gigi Geraham Bungsu dan Remaja: Gigi bungsu biasanya mulai muncul antara usia 17 dan 25, menurut riset terbaru. Jika gigi bungsunya tidak diekstraksi sebelum mereka tumbuh, mereka bisa mempengaruhi penempatan gigi lainnya dan menyebabkan pendesakan. Selanjutnya, saat gigi bungsu tumbuh, akarnya menjadi lebih panjang dan membuat proses pengangkatannya lebih rumit. Untuk menjaga kesejajaran gigi yang benar dan menghindari impaksi gigi bungsu, dokter gigi menganjurkan agar para remaja mengangkat gigi bungsu mereka sebelum mereka memiliki kesempatan untuk tumbuh. Memang, banyak remaja memiliki gigi kebijaksanaan mereka yang diekstraksi selama masa awal remaja. Penting untuk  remaja menjalani pemeriksaan gigi dan menjalani rontgen gigi bungsu mereka; Seorang dokter gigi yang profesional dapat membantu remaja dan orang tua mereka memutuskan apakah dan kapan gigi bungsu bisa diangkat.

Masa remaja adalah masa yang sangat polar dan fluid, kebanyakan remaja memiliki ego yang sangat tinggi tentang gaya hidup mereka hingga lupa tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Sangat krusial bagi keluarga dan dokter gigi untuk memberikan edukasi dan tuntunan dengan cara yang tepat untuk mengajak para remaja peduli tentang kesehatan gigi dan mulut mereka.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan