Kedokteran Gigi Untuk Keluarga – Family Dentistry [Kebersihan Gigi Bayi, Balita dan Anak-anak]

Global Estetik – Family Dentistry dimulai dari bayi hingga lansia, dan untuk tahap pertama dalam kehidupan seorang manusia, gigi dan gusi telah menjadi dan akan terus menjadi salah satu variable penting dalam kesinambungan kenyamanan dalam kehidupan. Bayi dan anak-anak menjadi cornerstone pertama untuk dimulainya rutinitas kebersihan gigi sehingga seiring waktu, perkembangan dan kesehatan gigi dan mulut si buah hati anda selalu terjaga.

Panduan Untuk Kebersihan Gigi Bayi dan Balita 

Meskipun kebanyakan anak-anak  tidak mengunjungi dokter gigi untuk pertama kalinya sampai mereka berusia tiga tahun atau lebih tua, orang tua harus sadar bahwa gigi dan gusi muda memerlukan perhatian yang sama pentingnya seperti gigi dan gusi dewasa. Namun, perkembangan struktur gigi dan mulut yang kuat dan sehat sangat penting bagi penampilan, penggandaan, pengunyahan, dan perkembangan bicara bayi. Meskipun tidak perlu “menyikat” gigi bayi, orang tua harus menyeka gigi dan gusi bayi dengan kain hangat untuk mengusir bakteri potensial. Saat anak kecil mulai mengembangkan gigi, penting bagi orang tua untuk menjaga anaknya agar tidak mengisap jempol, yang dapat mengganggu pertumbuhan dan penempatan gigi baru dan bahkan pembentukan struktur penting di mulut.

Panduan Untuk Kebersihan Gigi Anak

Anak-anak harus didorong untuk menyikat gigi mereka sendiri antara usia dua dan tiga tahun. Sebagian besar dokter gigi anak-anak dan keluarga menyarankan agar orang tua mulai dengan menyikat gigi anak-anak, dan kemudian secara perlahan mendorong anak itu untuk menyikatnya giginya sendiri. Meskipun hasilnya mungkin tidak sempurna, penting bagi anak-anak untuk mengembangkan rutinitas kebersihan mulut yang sehat. Orangtua selalu dapat membantu dengan tempat yang lebih sulit untuk memastikan pembersihan gigi yang menyeluruh dan sempurna.

Banyak dokter gigi menganjurkan agar anak melakukan kunjungan gigi pertama mereka kira-kira berusia tiga tahun. Selama pemeriksaan pertama sang anak, pemeriksaan umum gigi dan gusi akan dilakukan dan citraan sinar-X akan diambil. Bila anak berusia antara 7 dan 12 tahun, orang tua dapat memilih untuk mulai bekerja dengan seorang ortodontis untuk merencanakan perawatan yang diperlukan.

Seiring bertambahnya usia anak-anak anda, dokter gigi anak anda akan memantau perkembangan gigi permanen untuk memastikan mereka sehat dan lurus. Jika karena genetika atau alasan lain, gigi tetap tidak tumbuh dengan benar, dokter gigi pilihan anda akan memandu anda sebagai orangtua ke solusi ortodontik untuk menyelaraskan gigi, termasuk penggunaan kawat gigi, sehingga gigi anak anda berkembang menjadi senyuman yang indah. Bagi anak-anak yang mengalami ketakutan ekstrem dalam pertemuan dengan dokter gigi, maka dokter gigi anak-anak dapat merekomendasikan prosedur dental sedasi yang aman bagi sang buah hati anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan