Kebiasan yang Membuat Tubuh Rentan Sakit

Globalestetik.com – Kesehatan merupakan aset yang sangat berharga, sebab jika kesehatan seseorang terganggu maka hal tersebut tentu akan sangat mengganggu berbagai aktivitas lainnya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dan pola hidup, terutama pola makan. Banyak faktor yang menyebabkan kesehatan seseorang terganggu, di antaranya seperti gaya hidup, makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta kurang olahraga.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, hal yang perlu diperhatikan bukan hanya makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi maupun rutin berolahraga. Akan tetapi dibutuhkan hati dan pikiran yang sehat pula. Selain itu, aktivitas yang dilakukan sehari-hari juga memiliki peranan dalam menjaga kesehatan serta membuat tubuh mudah terserang penyakit. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit.

  • Masakan yang terlalu asin

Kandungan garam yang berlebihan pada masakan selain dapat membuat perut buncit, juga dapat meningkatkan risiko terkena darah tinggi. Garam memang merupakan penyedap rasa yang biasa dimasukan di dalam masakan, namun menurut penelitian, ion natrium yang terkandung dalam garam akan langsung diserap oleh tubuh sehingga konsentrasi ion natrium yang ada di dalam darah akan meningkat. Menurut Badan Kesehatan Dunia, WHO, jumlah konsumsi garam yang direkomendasikan sehari maksimal berkisar antara 2000-2400 mg natrium atau 5 sampai 6 gram perhari.

  • Melewatkan sarapan

Seseorang yang sering melewatkan sarapan memiliki energi yang rendah. Ditambah lagi dengan otak dan fisik yang bekerja terus-menerus, dengan begitu tubuh akan mudah terserang sakit kepala dan tidak bersemangat. Sebagian orang mungkin melawatkan sarapan dengan alasan belum lapar, namun hal tersebut terjadi disebabkan karena tubuh sudah dibiasakan untuk tidak sarapan. Oleh karena itu, cobalah makan walau dengan porsi yang sedikit.

  • Begadang

Beberapa orang menganggap bahwa begadang merupakan kegiatan yang menyenangkan, hal tersebut disebabkan karena berbagai alasan, seperti menyaksikan tayangan sepak bola, bermain, mengobrol, dan lain sebagainya. Namun terlalu sering begadang membuat tubuh rentan terkena penyakit. Sebab seharusnya malam hari digunakan untuk istirahat setelah melakukan aktivitas seharian. Selain itu, angin malam sangat berbahaya dan tidak baik bagi kesehatan tubuh.

  • Olahraga yang berlebihan

Olahraga memang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun bukan berarti Anda harus terus menerus berolahraga sehingga melakukannya secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena otot dan sendi-sendi tidak bisa dipaksakan untuk bekerja keras secara terus menerus.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan