Kebiaasaan Buruk Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut [Bagian Pertama]

Global Estetik – Setiap orang memiliki kebiasaan buruk di beberapa titik dalam hidup mereka. Kebiasaan buruk ini bisa mencakup seluruh komponen kehidupan kita, seperti lupa mematikan lampu saat keluar ruangan atau kebiasaan memilih makan makanan yang tidak sehat dibandingkan dengan pilihan yang lebih baik. Kebiasan ini menjadi bagian dari diri kita sendiri, namun terkadang ia juga dapat membawa dampak buruk bagi tubuh kita. Bila salah satu dari kebiasaan buruk tersebut mempengaruhi kesehatan mulut, hasilnya akan dapat sangat menyakitkan bagi tubuh dan dompet kita. Guna menghindari hal-hal tersebut mari hindari beberapa kebiasan buruk yang mungkin anda miliki guna menjaga kesehatan gigi dan mulut kita.

  • Memegang Apapun Selain Makanan dengan Mulut

Mengunyah pensil dan bolpoin, memegangi gagang kacamata di sela gigi, mengisap tusuk gigi, dan hal lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi adalah kebiasaan yang umum. Menggigit dan mengunyah benda asing yang tidak seharusnya berada di mulut bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi, patahnya gigi dan terkelupas. Apabila hal ini terus dilakukan akan membuat gigi menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dan pembusukan.

Kita tahu bahwa beberapa di antara kebiasaan-kebiasaan tersbut mungkin terdengar sepele, dan beberapa mungkin terdengar tidak berguna dan tidak penting. Tapi kami berjanji bahwa jika anda mendengarkan tip ini dan mengikutinya setiap hari, maka kami yakin anda akan lebih sehat dan bahagia dalam jangka panjang. Mengganti gigi yang hilang atau patah sangatlah mahal dan menimbulkan stres, jadi dengarkan saran dari dokter gigi anda!

  • Menggigit Kuku

Terus-menerus menggigit kuku anda dapat merusak gigi dan membuka jalan masuk bagi bakteri yang ada dibawah kuku untuk masuk ke dalam mulut anda. Menggigit apapun selain makanan dapat meningkatkan risiko retak dan patahnya gigi, serta dengan itu juga mengundang bakteri asing ke dalam mulut yang dapat meningkatkan kemungkinan infeksi dan penyakit.

  • Mengunyah Es 

Mengunyah es mungkin terasa menyejukkan bagi kita, tapi sayangnya hal tersebut dapat mendatangkan malapetaka pada gigi anda. Gigi kita tidak dirancang untuk mengunyah es dan hal itu bisa menyebabkan pada timbulnya masalah pada gigi seperti gigi rusak atau patah. Mengunyah es pada gigi juga bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi, membuat gigi tidak terlindungi dan lebih rentan terhadap pembusukan. Mengekspos gigi pada es dengan tingkat kedinginan yang ekstrim juga dapat meningkatkan sensitivitas suhu pada gigi, yang nantinya akan dapat menjadi cikal bakal penyakit gigi sensitif bagi anda.

  • Menggunakan Gigi sebagai Alat Pembuka

Menggunakan gigi sebagai alat membuka wadah, memotong label pakaian, dan merobek paket dapat membuka semua masalah pada gigi anda. Melanggar kebiasaan menggunakan gigi sebagai multitool adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi mereka dari keretakan dan patah yang bisa membuat gigi terpapar dan  tidak terlindungi dalam perang melawan kerusakan gigi.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Comments 1

Add Comment

Tinggalkan Balasan