Kebiaasaan Buruk Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut [Bagian Kedua]

Global Estetik – Kebiasaan-kebiasaan yang kita kira tidak akan membawa masalah, ternyata dapat berdampak besar bagi kesehatan gigi kita. Pada bagian pertama telah kami jelaskan beberapa kebiasaan buruk yang terkesan sepele namun dapat menghasilkan masalah yang buruk bagi kesehatan gigi dan mulut kita. Berikut beberapa kebiasaan buruk lainnya yang mesti anda hindari untuk mendapatkan kesehatan gigi dan mulut yang sempurna.

  • Menghisap Ibu Jari

Anak-anak yang mengisap jempol mereka berisiko mengalami misaligning gigi pada gigi dewasa baru mereka. Dengan ibu jari yang selalu menekan gigi yang sedang tumbuh dapat menyebabkan gigi tumbuh bengkok dan bahkan bisa menyebabkan kelainan bentuk di atap mulut, tergantung pada seberapa agresifnya sang anak mengisap jempol mereka.

Mengisap jempol bisa disebabkan oleh sejumlah hal yang berbeda, dan penting untuk peka terhadap alasan dibalik menghisap ibu jari tersebut. Beberapa anak akan berhenti secara alami seiring tumbuh dan dewasa, sementara beberapa yang lain merasa bahwa mereka ingin berhenti tapi tidak bisa memaksakan diri untuk melakukannya. Dalam kasus yang lebih ekstrim, sangat pentinh untuk mencari bantuan seorang terapis anak. Meski kita khawatir dengan kesehatan gigi, namun penting untuk diingat bahwa kesehatan mental juga tidak pernah boleh kita abaikan.

  • Menyikat Gigi Terlalu Keras atau Kasar

Menyikat gigi dua kali sehari, setiap hari sangatlah penting. Tapi jika anda menggosok gigi terlalu keras hal ini dapat menyebabkan kerusakan mulut nantinya. Menggosok gigi secara agresif bisa merusak  gusi, sering menyebabkannya surut, dan bisa mengikis enamel gigi. Jika bulu sikat gigi anda telah usang dan mulai luntur ini pertanda bahwa anda mungkin menyikatnya terlalu keras. Menyikat gigi seharusnya dikerjakan secara perlahan dan menyentuh secara lembut gusi tanpa menyebabkan kemerahan. Salah satu yang pintar untuk membantu memastikan bahwa anda tidak menyikat gigi terlalu keras adalah dengan menggunakan sikat gigi yang lembut.

  • Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang paling merusak untuk mulut anda karena tidak hanya menyebabkan perubahan warna pada gigi dan bau mulut, tetapi juga dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang di rahang, kelenjar ludah yang meradang, penyakit gusi, dan kanker mulut. Simak artikel mengenai bahaya merokok yang telah kami terbitkan beberapa hari yang lalu.

  • Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula

Jika anda adalah seseorang yang memilih minuman yang mengandung gula melebihi air sepanjang hari, maka anda terus-menerus akan membawa masalah pada gigi anda. Bakteri di mulut tumbuh subur dengan adanya gula dan menyebabkan plak diproduksi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Plak ini kemudian berubah menjadi sulit untuk dihilangkan  dan bisa menyebabkan kerusakan gigi dan gusi jika tidak dibersihkan dengan baik. Untuk menghentikan kebiasaan minum jus, minuman olahraga, dan soda secara terus-menerus, pilihlah minuman yang lebih menghidrasi dan sehat seperti air.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan