Kawat Gigi – Bukan Kawat di Gigi

Global Estetik – Seorang dokter gigi biasanya merekomendasikan pemasangan kawat gigi untuk memperbaiki penampilan “orofacial” pasien. Melalui perawatan ortodontik, masalah seperti gigi bengkok atau sesak, overbites atau underbites, posisi rahang dan gangguan rahang yang salah. Jika tidak diobati, masalah ini bisa mengakibatkan kerusakan gigi, penyakit gusi, sakit kepala dan sakit telinga, serta mengalami permasalahan saat berbicara, menggigit atau mengunyah.

Dokter gigi pilihan anda akan tahu pilihan yang terbaik untuk anda. Kawat gigi umumnya terdiri dari tiga macam: Jenis yang paling populer adalah behel, logam, keramik atau plastik, yang terikat pada gigi. Bracket Keramik biasanya transparan atau berwarna natural seperti gigi dan kurang mencolok dibandingkan bracket dari logam. Lingual, atau tersembunyikan, tipe kawat gigi ini adalah tipe brace yang menempel pada bagian belakang gigi, tersembunyi dari pandangan. Kedua jenis kawat gigi menggunakan kawat untuk menggerakkan gigi ke posisi yang diinginkan.

Sebuah alternatif baru untuk kawat gigi tradisional adalah serangkaian peralatan yang fit dan disesuaikan agar dapat dilepas yang disebut aligners. Tidak hanya kawat gigi ini tak terlihat, tapi juga bisa dilepas sehingga tidak akan membuat tumpukan makanan dan plak di antara gigi seperti pada kawat gigi konvensional. Kamu akan memakai masing-masing aligner selama sekitar dua minggu dan dapat melepasnya untuk makan, menyikat gigi dan flossing. Ini mungkin pilihan yang tepat untuk orang dewasa dengan permasalahan gigi yang ringan. Aligners tidak cocok untuk digunakan oleh anak-anak dan remaja dikarenakan proses pertumbuhan gigi masih berlangsung.

Waktu yang diperlukan untuk menggunakan kawat gigi bervariasi dan tergantung pada tipe perawatannya. Semakin rumit masalah pada gigi anda atau semakin tua umur pasien maka akan semakin lama periode pengunaan kawat gigi. Ini juga sangat tergantung pada seberapa jauh gigi anda perlu berpindah. Untuk behel konvensional akan membutuhkan waktu sekitar 12 -24 bulan sementara kawat gigi yang dapat dilepas biasanya membutuhkan waktu yang lebih pendek. Dokter gigi akan memberikan saran tentang pilihan behel yang tepat dan akan meng-update kondisi kesehatan gigi kamu. Kalau kamu tidak melakukan apa yang mereka katakan, brace bisa memakan waktu lebih lama untuk bekerja dan perawatannya mungkin tidak berhasil.

Makan makanan yang salah bisa merusak atau bahkan mematahkan kawat gigi. Untuk beberapa hari pertama, pilihlah makanan yang lunak dan gampang dicerna namun tidak lengket. Apapun jenis bracket yang kamu pasang, kamu tetap harus menghindari makanan lengket, kenyal dan bergula. Permen karet sangat tidak disarankan karena bisa menempel pada kawat gigi. Hindari makanan keras seperti apel, wortel, dan roti kering. Makanan ini dapat mematahkan wire dan bracket yang merupakan bagian dari kawat gigi kamu.

Hindari minuman bersoda, soda, pops, minuman berkarbonasi dan jus buah kemasan, karena minuman-minuman ini sering mengandung kadar gula yang tinggi dan asam. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan erosi. Minuman bersoda juga bisa menodai bracket. Jika kamu terpaksa mesti meminum minuman jenis ini, jangan gunakan sedotan. Air putih dan susu merupakan pilihan paling aman untuk menjaga keadaan bracket anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan