Jenis Minuman Penyebab Kerusakan Gigi

Globalestetik.com – Salah satu hal yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak adalah minuman yang dikonsumsi. Namun tidak banyak orang yang menyadari bahwa minuman yang dikonsumsi oleh seseorang dapat menjadi penyebab berbagai kerusakan di gigi. Hal itu disebabkan karena beberapa jenis minuman tertentu dapat memicu perkembangbiakan bakteri di mulut. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui jenis minuman apa saja yang dapat merusak gigi sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Berikut ini berbagai jenis minuman yang harus Anda hindari jika ingin memiliki gigi yang kuat dan sehat.

  1. Minuman Bersoda

Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda akan berdampak buruk pada kesehatan gigi Anda. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena minuman bersoda mengandung zat karbonisasi yang dapat membuat gigi menjadi rusak. Bukan hanya itu saja, jika minuman tersebut sering mengenai gigi maka akan membuat gigi menjadi busuk.

  1. Es Batu

Tidak sedikit orang yang gemar mengunyah es batu. Namun tanpa disadari kebiasaan tersebut dapat menimbulkan masalah pada gigi, seperti retak, hancur, bahkan patah.

  1. Kopi

Minuman yang satu ini tentunya memiliki banyak penggemar, baik pria maupun wanita. Kopi juga dapat meninggalkan bekas sehingga membuat gigi menjadi berwarna kuning. Gigi yang menguning akibat sering meminum kopi sulit untuk dibersihkan. Selain itu, kadar asam dalam kopi dapat mengikis enamel gigi. Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

  1. Minuman Berenergi

Jenis minuman yang dapat merusak gigi berikutnya adalah minuman berenergi. Minuman jenis ini memang memiliki manfaat untuk mengembalikan stamina tubuh. Namun minman berenergi ini juga memiliki kelemahan yakni dapat menyebabkan kerusakan gigi. Hal tersebut disebabkan karena minuman jenis ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga dapat merusak gigi.

  1. Jus Buah

Buah memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah dapat dikonsumsi sebagai jus. Namun tahukan Anda, jika jus buah dapat merusak gigi? Ya, jus buah dapat menyebabkan kerusakan pada gigi apabila dalam pembuatannya ditambahkan gula. Campuran gula dan asam pada jus dapat membuat bakteri di mulut berkembang biak dan akhirnya merusak gigi. Oleh karena itu, untuk menetralkan kadar pH di dalam mulut, maka biasakan  untuk selalu minum air putih setelah mengkonsumsi jus buah.

Itulah beberapa jenis minuman yang kerap menjadi pemicu kerusakan pada gigi. Selain itu, agar kesehatan gigi tetap terjaga, tentunya Anda harus rutin menyikat gigi pagi dan malam.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan