Inlays dan Onlays – Manfaat dan Kelebihan

Globat Estetik – Dalam merawat kerusakan gigi, inlay dan onlays membantu menghilangkan sensitivitas gigi dan akhirnya menghalangi pasien untuk kehilangan gigi. Selanjutnya, prosedur ini juga terkait dengan hanya sedikit efek samping dan risiko yang serius. Pasien mungkin mengalami beberapa sensitivitas gigi selama beberapa hari setelah perawatan tapi tidak untuk waktu yang lama.

Inlays dan onlays dapat digunakan untuk mengembalikan gigi yang rusak akibat kerusakan gigi dan gigi berlubang. Mayoritas pasien yang telah mengalami kerusakan gigi minor sampai sedang memiliki rongga yang dapat diobati dengan tambalan gigi, sedangkan mahkota gigi digunakan untuk menunjang gigi yang rusak parah. Banyak dari pasien tidak sadar bahwa inlay dan onlay adalah alternatif yang sangat mumpuni untuk tambalan dan mahkota.

Kelebihan dari Inlays dan Onlays

Inlays dan onlays lebih tahan lama, membutuhkan sedikit pengangkatan gigi, dan cenderung tidak berubah warna seiring waktu dibandingkan dengan tambalan dan mahkota gigi. Manfaat inlays dan onlays meliputi:

Menjaga gigi
Ketika dokter gigi menggunakan inlays atau onlays untuk mengembalikan gigi, mereka tidak menghilangkan banyak struktur alami gigi. Prosedur ini hanya membutukan hanya sedikit pengikisan gigi natural dari pasien dan dengan penempatan inlay dan onlay akan menjaga gigi secara lebih menyeluruh dari kerusakan dan masalah gigi lainnya.

Tambahan Kekuatan
Inlays dan onlay terbuat dari bahan yang lebih kuat dan tahan lama daripada tambalan gigi dan mahkota. Inlays dan onlays biasanya bertahan lebih lama dan memberikan kekuatan dan dukungan tambahan pada gigi yang rusak. Tambahan kekuatan ini akan memberi gigi asli pasien sokongan kekuatan dalam menghadapi masalah yang dapat ditimbulkan oleh gigi rusak.

Dibuat Khusus Untuk Pasien
Tambalan gigi dapat meluas dan membesar setelah mereka ditempatkan karena perubahan suhu. Inlays dan onlay dibuat khusus untuk satu individu sebelum ditempatkan di mulut, memberikan kecocokan yang lebih baik daripada tambalan. Inlays dan onlay juga ideal untuk merawat ruang yang mudah rusak, termasuk rongga yang berada di antara gigi.

Variasi Warna
Inlays dan onlays lebih tahan terhadap noda dan perubahan warna gigi daripada bahan yang digunakan dalam tambalan gigi dan mahkota. Warna natural yang biasanya menjadi pilihan pasien baik dari material yang berbahan keramik ataupun resin dapat menambah kepercayaan diri pasien karena warna tersebut tidak mencolok seperti tambalan dengan bahan metal.

Kebersihan
Karena inlay dan onlay menawarkan kecocokan khusus, mereka lebih mudah dibersihkan dan bakteri cenderung akan tidak akan memasuki daerah yang terkena dampak setelah menjalani perawatan ini.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan