Inlays dan Onlays – Definisi

Global Estetik – Inlays dan onlay gigi adalah restorasi yang digunakan untuk memperbaiki gigi belakang atau biasa disebut gigi geraham yang memiliki kerusakan ringan sampai sedang. Treatment ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan gigi yang retak atau jika kerusakan pada gigi tidak cukup parah sehingga membutuhkan mahkota gigi. Inlays dan onlay biasanya terbuat dari porselen, resin komposit, dan kadang-kadang bahkan dari emas. Karena bisa dibuat dari bahan berwarna gigi, inlay dan onlay sering digunakan untuk mengganti tambalan gigi logam untuk pasien yang menginginkan senyuman terlihat lebih natural.

Inlays

Inlays gigi digunakan untuk merawat gigi yang mengalami pembusukan atau kerusakan yang tergeletak di permukaan bagian atas indentasi gigi, di antara puncak gigi. Mereka juga bisa digunakan untuk mengganti tambalan logam tua atau yang rusak. Penempatan inlay biasanya dilakukan lebih dari dua janji pertemuan di klinik dokter gigi. Selama kunjungan pertama anda ke dokter gigi, kesan dari gigi anda akan diambil, dan tatahan sementara akan ditempatkan di atas gigi.

Dokter gigi akan mengirimkan kesan gigi anda ke laboratorium gigi, yang akan membuat tampilan sesuai dengan spesifikasi gigi anda. Saat anda kembali ke klinik dokter gigi, tatahan sementara akan dilepas dan yang permanen akan ditempatkan dengan hati-hati di atas gigi anda. Tidak ada downtime setelah menerima perawatan gigi, hanya akan sedikit rasa tidak nyaman di daerah yang dirawat, sehingga anda dapat kembali bekerja atau aktivitas lainnya segera setelah meninggalkan klinik dokter gigi pilihan anda.

Karena inlays dan onlay gigi dapat dibuat dari porselen berwarna yang tahan lama, mereka menawarkan hasil yang jauh lebih awet dan tampak alami daripada tambalan logam. Selain itu, sifat yang dapat disesuaikan dari material ini memungkinkan dokter gigi untuk mengikatnya dengan aman ke permukaan gigi, menambahkan integritas struktural dan mencegah bakteri masuk dan membentuk rongga.

Onlays

Sedangkan inlays gigi dirancang untuk mengatasi masalah langsung dari dalam cusp gigi, atau tonjolan puncak gigi, gigi, onlay digunakan untuk mengatasi peluruhan yang meluas ke satu atau lebih cusp. Onlays ditempatkan dengan cara yang sama seperti inlay. Pertama, kesan gigi yang membusuk diambil, sementra onlay ditempatkan di atas gigi. Kesan itu kemudian dikirim ke laboratorium, di mana seorang teknisi gigi menciptakan onlay sesuai dengan dimensi gigi pasien. Ketika pasien kembali ke klinik dokter gigi, onlay sementara akan dilepas, dan restorasi permanen ditempatkan pada gigi dan diikat dengan aman dengan menggunakan resin gigi berkekuatan tinggi.

Seperti inlays, onlays dapat dibuat dari bahan berwarna gigi, yang membuat mereka hampir tidak terdeteksi dengan mata telanjang. Onlays juga membantu melestarikan struktur gigi lebih banyak karena penggunaannya memerlukan sedikit penghapusan dari permukaan gigi. Mungkin manfaat terpentingnya, adalah dalam menyelamatkan gigi yang rusak, onlays membantu pasien menghindari kebutuhan pengobatan lebih lanjut dengan mahkota gigi, jembatan gigi, atau implan gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan