Ingin Gusi yang Sehat ? Mulai Konsumsi Ini

Global Estetik – Gusi adalah pahlawan di dalam mulut. Mereka menjaga gigi tetap aman, melindungi tulang anda, dan berperang melawan bakteri setiap hari. Sementara kita merawat untuk memastikan bahwa gigi kita dibersihkan dengan benar setiap hari, kita sering lupa untuk merawat gusi kita. Cara mudah untuk memastikan gusi anda mendapatkan proteksi yang mereka butuhkan adalah melalui makanan yang kita konsumsi. Berikut beberapa makanan yang dapat memberikan boost kepada gusi kita.

 

Bawang

Bawang telah terbukti menjadi makanan yang fantastis untuk kesehatan gusi karena mereka dapat menetralisir bakteri di dalam mulut. Bawang memiliki sifat mikroba yang menargetkan jenis bakteri yang paling umum yang menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Untuk gusi yang sehat, cobalah memasukkan lebih banyak bawang ke dalam menu makanan anda.

 

Teh Hijau

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa teh kaya antioksidan ini dapat membantu mencegah peradangan di tubuh. Teh hijau memiliki antioksidan spesifik yang disebut katekin yang membantu gusi melawan peradangan yang disebabkan oleh salah satu jenis bakteri mulut yang bertanggung jawab atas penyakit gusi. Cobalah minum secangkir teh hijau setiap hari untuk sedikit membantu menjaga kesehatan gusi anda.

 

Jamur Shiitake

Lentinan adalah senyawa antibakteri yang ditemukan pada jamur shiitake dan dapat melawan bakteri pembentuk plak di mulut. Bakteri jenis ini berkembang dengan susah payah sampai ke tempat-tempat di mulut seperti di antara gigi dan di sepanjang garis gusi, serta dapat menyebabkan iritasi dan mungkin menyebabkan radang gusi. Anda bisa memasukkan jamur shiitake ke makanan anda dengan berbagai cara berbeda. Cobalah sauteing jamur ini sebagai side dish untuk hidangan utama atau memotong mereka dan menambahkannya ke hidangan sayuran apa pun yang anda siapkan. 

 

Apel – Seledri – Wortel

Makanan yang crunchy sangat bagus saat mengikis makanan dan plak. Makanan yang sedikit keras seperti seledri, wortel, dan apel masuk di antara gigi dan celah gigi dan bisa membantu mulut Anda tetap segar. Buah dan sayuran renyah ini juga memiliki serat tinggi, yang berarti mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyah dan menghasilkan lebih banyak air liur. Air liur sangat bagus untuk membilas mulut dari bakteri di dekat garis gusi. Cukup tambahkan makanan ini ke makanan harian anda sebagai makanan ringan untuk membantu menyingkirkan partikel makanan di antara waktu makan.

 

Produk Olahan Susu

Produk olahan susu sangat bagus untuk gigi karena mengandung kalsium yang tinggi dan mineral yang membantu memperkuat tulang, serta juga bagus untuk kesehatan gusi anda. Ini karena protein yang disebut kasein yang banyak ditemukan pada produk susu yang membantu menetralkan asam oral yang dihasilkan oleh bakteri di mulut. Asam ini bisa merusak jaringan email gigi dan gusi, yang menyebabkan iritasi atau dapat berdampak lebih buruk. Sertakan jumlah susu yang sehat dalam list diet anda dengan meminum secangkir susu setiap hari atau dengan mengonsumsi makanan ringan olahan susu seperti keju atau yogurt.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan