Implan atau Jembatan Gigi ?

Global Estetik – Penggantian gigi telah berlangsung lama dalam 30 tahun terakhir. Gigi yang hilang atau diekstraksi menimbulkan kekhawatiran umum akan infeksi, namun penggantian yang tepat adalah kunci senyum percaya diri. Namun sekarang, pertanyaan yang perlu anda tanyakan ke dokter gigi anda akan menjadi sedikit berbeda: Apa perbedaan antara jembatan gigi dengan implan? Pilihan pengobatan mana yang tepat untuk saya? Sangat sering implan gigi itu ideal, namun banyak faktor yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, termasuk jika kehilangan gigi anda baru-baru ini terjadi atau telah terjadi bertahun-tahun yang lalu.

Biaya

Biaya jembatan gigi pada awalnya memang lebih rendah, tapi mereka mungkin perlu diganti beberapa kali di masa depan. Implan – mulai dari persiapan hingga penempatan akhir – mungkin terasa lebih mahal, namun seiring waktu dapat lebih menghemat biaya. Untungnya, kebanyakan penyedia asuransi gigi membayar sebagian atau seluruh langkah yang ada. Selain itu, perawatan implan juga lebih fleksibel, memungkinkan pasien untuk mengeluarkan biaya secara bertahap. Setelah ekstraksi, misalnya, diperlukan cangkok tulang. Cangkok ini biasanya harus sembuh selama beberapa bulan sebelum penempatan implan, dimana titik osseointegrasi dapat berlangsung dari tiga sampai enam bulan sebelum proses selesai.

Ketahanan

Implan gigi tahan lebih lama daripada jembatan gigi, memungkinkan mereka memberikan perlindungan yang berlangsung seumur hidup. Sekrup logam implan biasanya terbuat dari titanium, dan bahan ini menyatu dengan tulang rahang anda secara alami melalui proses yang disebut osseointegration. Karena terbuat dari logam yang kuat, mereka sangat tahan terhadap pembusukan dan masalah pada gusi. Rata-rata umur jembatan gigi, di sisi lain, kira-kira 10 tahun. Sebagian gigi alami anda tetap berada di bawahnya dan keausan normal dapat menyebabkan jembatan gigi lebih mudah aus dari waktu ke waktu. Secara umum, struktur gigi yang tersisa terus akan rentan terhadap pembusukan dan penyakit gusi.

Estetika

Bagaimana dengan estetika? Tidak selalu ada jawaban yang sederhana, tapi dokter gigi pilihan anda akan dapat memberi saran kepada anda. Seringkali implan akan memberikan hasil yang paling menyenangkan bagi pasien, karena dokter gigi dapat membuat gigi terlihat seperti enamel alami anda. Kadang-kadang, sebuah implan dapat ditempatkan segera setelah ekstraksi gigi, melestarikan tingkat alami tulang dan memperbaiki penampilan akhir dari gigi dan senyum anda.

Perubahan dalam Perawatan Gigi Rutin

Kemampuan menjaga mulut agar tetap sehat akan lebih mudah dengan implan. Jembatan gigi disemen atau “diperbaiki” di mulut, dan melibatkan setidaknya tiga mahkota yang dihubungkan untuk mengisi ruang gigi yang hilang. Desain ini menciptakan tantangan saat menyikat gigi dan flossing, sehingga instruksi kebersihan mulut dan perawatan teliti sangat penting. Sebaliknya, implan bisa mengganti gigi secara individu tanpa mempengaruhi gigi lainnya, membuat perawatan di rumah secara teratur lebih mudah. Anda dapat secara efektif menyikat dan membersihkan sekitar implan seperti gigi alami anda.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan