Gum Contouring Untuk Senyum yang Lebih Indah

Global Estetik – Bahkan jika seseorang memiliki gigi yang lurus, sehat, dan simetris, kecantikan senyuman mereka bisa berkurang jika garis gusi tidak merata atau jatuh terlalu jauh di bawah garis bibir. Dokter gigi menyebut keadaan gusi yang melebar terlalu jauh sebagai “gummy smile“. Hal itu bisa membuat gigi terlihat kecil dan membuat pasien merasa tidak nyaman dengan penampilan senyum mereka. Idealnya, gusi harusnya tampak rata dan lembut serta bertindak sebagai bingkai untuk melengkapi senyum seseorang, bukan sebagai gangguan dari senyum tersebut. Untungnya, gummy smile sekarang bisa dikoreksi dengan prosedur kedokteran gigi kosmetik seperti prosedur kontur gusi.

Prosedur Gum Contouring

Di masa lalu, pasien yang bermasalah dengan gummy smile harus menerima fakta bahwa gusi mereka akan “bertemu” dengan pisau bedah, yang dapat menyebabkan pendarahan dan pemulihan yang tidak nyaman. Sekarang, dengan munculnya teknologi kedokteran gigi laser, dan alat seperti laser dioda, pasien dapat mendapatkan gusi mereka terpahat dengan sempurna untuk memberi aksen pada senyuman mereka dengan cepat, sederhana, dan hampir tanpa rasa sakit.

Untuk memulai proses rekontour gusi, mulut pasien akan dibuat mati rasa dengan anestesi lokal untuk menghilangkan ketidaknyamanan. Dokter gigi kemudian akan menggunakan laser dioda untuk secara perlahan memotong jaringan gusi berlebih dan memahat garis gusi yang lebih seragam. Laser akan membantu pengerasan saat memotong bagian dari gusi, yang berarti kurangnya perdarahan dan infeksi yang berkurang secara dramatis untuk pasien. Seluruh prosedur modifikasi gusi dapat diselesaikan hanya dalam satu kunjungan singkat ke klinik dokter gigi.

Masa Penyembuhan

Setelah prosedur pengangkatan gusi, pasien mungkin mengalami sakit atau bengkak hingga seminggu pada gusi mereka. Ketidaknyamanan harusnya berlangsung minimal dan tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti berbicara, makan, atau minum. Namun, pasien sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan lunak dan menghindari makanan yang pedas atau memiliki biji selama beberapa hari setelah operasi. Dokter gigi pilihan anda akan merekomendasikan pereda nyeri seperti ibuprofen untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan yang mungkin akan dirasakan pasien. Saat menggosok dan membersihkan gigi, pastikan untuk menyentuh bagian gusi ini selembut mungkin.

 

Keuntungan dan Resiko

Pasien yang memiliki gusi atau gusi yang tidak merata yang meluas serta menutupi sebagian besar gigi mereka adalah kandidat yang sangat baik untuk menjalani prosedur ini. Seorang dokter gigi kosmetik yang berpengalaman akan membentuk kembali garis gusi untuk memperpanjang gigi, mengurangi jumlah gusi yang terlihat saat anda tersenyum, dan menghasilkan garis gusi yang lebih simetris.

Resiko komplikasi selama atau setelah prosedur penghilangan gummy smile ini sangat rendah jika anda memilih dokter gigi kosmetik yang berkualitas untuk melakukan perawatan. Pendarahan yang berlebihan dan pembengkakan gusi dan reaksi alergi terhadap anestesi adalah kemungkinan resiko dalam prosedur ini.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan