Geraham Bungsu dan Lika Likunya

Global Estetik – Orang Dewasa dapat memiliki hingga 32 gigi dan gigi geraham bungsu merupakan gigi-gigi terakhir yang akan tumbuh. Geraham bungsu terletak pada bagian ujung paling belakang dari mulut dimana biasanya ia akan tumbuh diantara umur 17 hingga 25 tahun. Apabila kamu memiliki rahang yang kecil dan 28 gigi yang sehat, maka akan sulit bagi geraham bungsu untuk menemukan lokasi tumbuh yang lega untuk dapat  tumbuh semasa kamu melewati masa puber. 

Selama proses pertumbuhan gigi geraham bungsu, lumrah rasanya untuk merasakan sedikit ketidaknyamanan, namun itu akan berakhir ketika gigi geraham tersebut telah berada pada posisi yang tepat. Untuk berada pada posisi yang tepat dibutuhkan cukup ruang bagi geraham bungsu untuk tumbuh, apabila ini tidak terpenuhi maka nantinya geraham bungsu akan berada pada posisi yang membuat kamu merasa sangat tidak nyaman dan merasakan sakit yang sangat mengganggu.

Selama proses pertumbuhan gigi geraham dari gusi dan sebagiannya masih tertutup, gusi dapat membengkak dan sakit. Proses ini disebut pericoronitis. Masalah ini berlangsung hanya sementara dan kamu dapat menanganinya dengan berkumur dengan campuran air hangat dan satu sendok garam untuk mengurangi nyeri dan peradangan gusi. Obat kumur antibakteri yang mengandung chlorhexidine juga dapat kamu gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gusi selama proses pertumbuhan geraham bungsu. Pilihan terakhir ialah painkiller dalam bentuk ibuprofen atau paracetamol, ingat kamu harus meminum obatnya dan tidak meletakkannya diatas gigi geraham yang sedang tumbuh.

Apabila ketiga cara diatas tadi tidak dapat menghilangkan rasa sakit dan nyeri atau kamu merasa sulit untuk membuka mulut, segera temui dokter gigi pilihanmu untuk penanganan lebih lanjut. Dokter gigi akan memberikan saran yang tepat dan akan membersihkan area disekitar gigi geraham bungsu tersebut serta mungkin akan memberikan resep obat antibiotic.

Penanganan terakhir untuk menghadapi rasa sakit gigi geraham bungsu ialah operasi pencabutan gigi. Terdengar mengerikan tapi ini untuk kebaikan kamu sendiri. Ada tiga setidaknya alasan dasar untuk menentukan apakah diperlukan pencabutan gigi geraham bungsu yang menyebabkan nyeri dan peradangan tersebut.

  • Ketika hasil scan x-rays menunjukkan dengan jelas bahwa gigi geraham bungsu tersebut tidak akan bisa masuk kedalam posisi yang berguna dikarenakan oleh kekurangannya ruang untuk tumbuh dan ditakutkan nantinya dapat menimbulkan rasa sakit selama proses pertumbuhan.
  • Ketika gigi geraham bungsu hanya tumbuh sebagian dan membusuk. Gigi yang hanya tumbuh sebagian akan sulit untuk dibersihkan dan mengakibatkan mereka lebih cepat membusuk.
  • Jika gigi-gigi geraham bungsu tersebut menyakitkan

Nantinya setelah proses operasi selesai, akan ada bengkak dan ketidaknyamanan untuk beberapa saat. Penting bagi pasien yang baru melewati proses ini untuk mendengarkan perintah dan patuh terhadap sara-saran yang diberikan oleh dokter gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan