Fakta-Fakta Mengenai Gigi Yang (Mungkin) Kamu Tidak Ketahui

Global Estetik – Perawatan gigi kini telah sangat maju dan menjadi tren kesehatan baru di dunia modern dimana gigi telah menjadi salah satu tolak ukur bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan kemajuan teknolog, kita kini memiliki banyak alat yang berbeda untuk membantu kita dalam proses perawatan gigi sehari-hari. Kita mengandalkan gigi setiap hari untuk membantu kita mengonsumsi makanan yang kita makan. Mengetahui lebih banyak tentang gigi dan bagaimana kebiasaan kamu dapat mempengaruhi kesehatan gigi akan membuat kamu lebih menambah lagi perhatian bagi kesehatan gigi dan mulut kamu.

1. Pasta Gigi sudah ada sejak 500 SM 

Dulunya, orang-orang Yunani Kuno menggunakan campuran karat yang mengandung besi dan bubuk karang untuk membersihkan gigi mereka. Sikat gigi pada saat itu adalah ranting pohon yang bisa dikunyah.

2. Tidak Ada Orang yang Memiliki Gigi yang Sama

Gigimu seperti sidik jari: Mereka unik milik dirimu sendiri tanpa ada satu orang pun didunia ini yang memiliki gigi yang sama dengan gigi yang kamu punya. Inilah sebabnya mengapa catatan gigi terkadang digunakan untuk mengidentifikasi jenazah manusia. Bahkan kembar identik pun tidak memiliki gigi yang identik. Bonus fakta: lidah juga memiliki “cetak lidah yang unik”.

3. Gigi Memiliki Struktur yang Mirip dengan Gunung Es

Sekitar sepertiga dari setiap gigi ada di bawah gusi. Inilah sebabnya mengapa menjaga kesehatan gusi sama pentingnya dengan memastikan gigi kamu dirawat dengan baik. Gusi harus selalu berwarna merah muda, dan keras.

4. Kamu Memiliki 32 Gigi didalam Mulutmu

Dimulai dari yang paling depan dari bagian mulutmu, Kamu memiliki delapan gigi seri (gigi depan), empat gigi taring, delapan gigi premolar (geraham kecil), dan 12 geraham geraham besar.

  • Gigi Seri merupakan gigi paling terdepan dan berguna untuk memotong makan. Gigi ini berbentuk tegak dan memiliki mahkota berbentuk horizontal
  • Gigi Taring berada pada sisi kiri dan sisi kanan bagian tengah dari mulut kamu. Gigi ini memiliki tugas untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring memiliki ujung yang runcing.
  • Gigi Geraham Kecil memilki dua akar yang tertanam ke  dalam gusi, gigi ini memeiliki banyak tonjolan diatasnya yang berguna untuk menggiling makanan.
  • Gigi Geraham Besar memiliki dua atau tiga akar, Gigi geraham besar dengan kontur yang hampir sama dengan gigi geraham kecil memiliki kegunaan untuk melumat dan menghaluskan makanan yang masuk kedalam mulut.

5. Enamel Gigi adalah Bagian Terkeras dalam Tubuh

Enamel (Email) gigi adalah lapisan terluar gigi. Seperti kulit yang keras, tujuan utamanya adalah melindungi bagian gigi yang lain yang berada lebih dalam. Enamel gigi sebagian besar terbuat dari kalsium dan fosfat mirip dengan komposisi pembangun tulang namun lebih kuat karena protein dan kristal khusus yang membentuknya.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan