Fakta-Fakta Lain Mengenai Gigi Yang (Mungkin) Kamu Tidak Ketahui

Global Estetik – Gigi merupakan variable penting dalam keberlanjutan kehidupan manusia. Menjaga kesehatan gigi juga berarti menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Apapun yang masuk kedalam mulut akan berdampak langsung kepada kesehatan dan keseimbangan asupan nutrisi didalam tubuh. Mengetahui lebih dalam mengenai gigi adalah langkah pertama untuk menjaga kesehatan gigi. Berikut adalah kumpulan fakta-fakta mengenai gigi yang mungkin tidak kamu ketahui.

1. Enamel Gigi Memang Kuat, Namun Bukan Berarti Ia Tidak Dapat Dikalahkan

Seperti yang dijelaskan pada artikel kemarin, Enamel gigi merupakan bagian yang paling keras dari tubuh kita. Meskipun Ia bertugas untuk melindungi gigi, Enamel gigi dapat patah, retak dan tidak memiliki pertahanan terhadap serangan acid. Gula dan Asam yang terdapat dalam makanan atau minuman seperti minuman berkarbonasi dapat berinteraksi dengan bakteri yang ada didalam mulut dan berkolaborasi untuk menghancurkan email gigi kamu. Ini merupakan tanda-tanda awal untuk kerusakan gigi yang lebih parah kedepannya. Pilihlah makanan yang sehat untuk gigi kamu, dan jauhkan dari makanan yang sarat akan gula dan asam.

2. Kuning Merupakan Pertanda yang Buruk

Warna gigi yang kekuning-kuningan bukan hanya bekas dari minuman yang kamu minum seperti teh atau kopi. Enamel yang bertanggung jawab atas warna dan penampilan gigi kamu akan tampak mulai menguning apabila terlalu banyak kotoran yang menutupinya. Gigi yang mulai membusuk akibat kotoran juga dapat membawa rasa sakit yang nantinya akan kamu rasakan apabila kamu membiarkan warna kuning menjadi warna dasar gigimu. Periksakan ke dokter gigi pilihanmu dan pilihlah dari banyak perawatan-perawtan yang akan ditawarkan oleh dokter gigi nantinya.

3. Dentin akan Terus Tumbuh sementara Enamel Tidak

Dentin adalah lapisan yang terletak di bawah enamel, dan lapisan ini juga lebih keras daripada tulang belulang di dalam tubuhmu. Dentin terdiri dari saluran kecil dan lorong yang mengirimkan sinyal saraf dan nutrisi kepada gigi. Ada tiga jenis dentin: primer, sekunder, dan reparatif. Sementara enamel pada dasarnya statis, dentin terus tumbuh dan berubah sepanjang hidup kamu.

4. Di Dalam Mulut Terdapat 300 tipe Bakteri

Plak mengandung jutaan bakteri, terdiri dari 200 sampai 300 spesies yang berbeda. Penyebab utama kesehatan gigi yang buruk adalah Streptococcus mutans, yang mengubah gula dan karbohidrat lainnya menjadi asam yang menggerogoti dan membuat lubang pada gigi.

5. Plak adalah Musuh Terbesar Kesehatan Gigi

Periksa kembali artikel mengenai Plak yang ada didalam situs Global Estetik dan kamu akan mengetahui bagaiman cara untuk mengontrol jumlah plak dan membersihkan plan yang selalu hadir didalam gigi. Putih, lengket dan terus tumbuh, kalau kamu tidak membersihkannya secara teratur dengan menyikat gigi dan flossing maka plak akan berkembang menjadi karang gigi dan menjadi masalah yang lebih besar bagi mulutmu.

6. Mulut Menghasilkan 10.000 Galon Air Ludah

Tubuh kita menghasilkan sekitar satu liter air liur setiap hari, artinya ia menghasilkan sekitar 10.000 galon sepanjang kehidupan. Air ludah memainkan banyak peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, membuat makanan lebih mudah ditelan dan mengandung enzim untuk membantu pencernaan. Air ludah menyapu partikel makanan yang masih tersisa, dan mengandung kalsium dan fosfat, yang dapat menetralkan asam dalam plak yang menyebabkan kerusakan dan pembusukan pada gigi.

 

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan