Enam Penyebab Timbulnya Mulut Kering

Global Estetik – Mulut kering bisa menyulitkan makan atau berbicara, dan bahkan bisa menyebabkan mual. Hal ini juga dapat mengurangi kesehatan mulut anda. Mulut kering yang berlebihan dapat membuat anda berisiko tinggi terkena penyakit gusi dan kerusakan gigi karena air liur biasanya membantu melawan bakteri dan menjaga kesehatan mulut.

Jika anda salah satu dari banyak orang yang berjuang dengan kondisi ini, memahami penyebab umum dapat membantu anda belajar menyelesaikannya.

Berikut adalah enam alasan paling umum orang mengalami mulut kering:

1. Dehidrasi

Penyebab umum mulut kering adalah dehidrasi. Tetap terhidrasi tidak hanya baik untuk kesehatan mulut anda tetapi juga untuk keseluruhan kesehatan fisik. Biasakan minum setidaknya 2 liter cairan sehari.

2. Merokok Tembakau

Merokok dan produk lainnya sering mengarah ke mulut kering. Ini karena tembakau memperlambat seberapa cepat mulut anda menghasilkan air liur, yang bisa memperparah kondisi dari mulut kering.

3. Efek Samping

Jika anda menggunakan obat tertentu atau menerima perawatan medis tertentu, anda mungkin juga mengalami mulut kering sebagai efek samping. Obat umum yang digunakan untuk mengobati kondisi seperti kecemasan, depresi, pilek, jerawat atau diare bisa menyebabkannya. Selain itu, beberapa perawatan medis seperti kemoterapi atau bentuk pengobatan radiasi lainnya juga bisa menyebabkan mulut kering.

Jika anda menduga obat adalah penyebab kondisi anda, bicarakan dengan dokter atau apoteker anda tentang mengubah resep untuk membantu anda mengelola kondisi mulut kering.

4. Infeksi atau penyakit

Jika anda melawan infeksi atau menderita penyakit tertentu, Anda mungkin akan mengalami mulut kering. Kondisi ini meliputi:

  • Alzheimer
  • Diabetes
  • Stroke
  • Cystic fibrosis
  • Anemia

5. Kerusakan saraf

Jika anda mengalami kerusakan saraf setelah cedera atau operasi, anda mungkin mengalami kesulitan memproduksi air liur di mulut anda, akhirnya menyebabkan mulut kering yang kronis.

6. Pernafasan menggunakan Mulut

Pernafasan dengan mulut terbuka juga bisa menyebabkan mulut kering. Itu karena tubuh anda paling cocok untuk menghirup melalui hidung anda, yang secara alami menyaring udara. Pernapasan melalui mulut bisa menyebabkan air liur  menguap.

Apa yang Harus Saya Lakukan Tentang Mulut Kering?

Jika anda menduga bahwa semua masalah ini menyebabkan mulut kering anda, pertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup untuk membalikkan efeknya. Minum lebih banyak air, berhenti merokok, atau tanyakan kepada dokter anda tentang pengobatan alternatif.

Jika anda terus mengalami mulut kering, anda juga bisa menjadwalkan pertemuan dengan dokter gigi pilihan anda, yang mungkin bisa menentukan penyebabnya dan membantu anda menemukan solusinya.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan