Efek Samping Minuman Bersoda bagi Kesehatan

Globalestetik.com – Minuman bersoda merupakan salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang. Namun tidak banyak yang tahu bahwa minuman bersoda ternyata bisa memicu berbagai penyakit serius seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Selain ketiga penyakit tersebut, dikutip dari The Suns, soda tidak hanya menyebabkan obesitas, atau diabetes saja. Sedangkan, hasil sebuah Studi yang dilakukan oleh Dokter Hans-Peter Kubis menyatakan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin selama dua minggu akan membuat tubuh mengalami gangguan metabolisme. Selain itu, soda juga dapat meningkatkan gagal liver hingga hipertensi.

Untuk lebih lengkapnya mengenai efek samping minuman bersoda bagi kesehatan dapat dilihat berikut ini.

  1. Memperlambat Regenerasi Sel

Untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat, tubuh membutuhkan regenerasi sel dengan mengganti sel tua menjadi sel yang baru. Mengkonsumsi minuman bersoda menjadi salah satu penyebab lambatnya regenerasi sel. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung soda agar tubuh dapat lebih cepat dalam meregenerasi sel.

  1. Penuaan Dini

Minuman bersoda mengandung asam yang dapat membuat kulit menjadi keriput atau penuaan dini. Dengan demikian, jika Anda ingin memiliki kulit mulus dan awet muda maka hindari mengkonsumsi minuman bersoda dalam rasa apapun.

  1. Berbahaya bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengkonsumsi minuman bersoda akan berdampak pada janin yang dikandungnya seperti kemungkinan janin mengalami kecacatan, hingga membuat janin meninggal. Bukan hanya janinnya saja yang mengalami dampak buruk akibat minuman bersoda, ibu hamil yang mengkonsumsinya juga dapat mengalami diabetes gestasional.

  1. Tulang Mudah Rapuh

Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang memiliki efek samping merapuhkan dan mengikis tulang. Dengan demikian, mengkonsumsi minuman bersoda dapat membuat osteoporosis lebih cepat dan tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Pembusukan Gigi

Efek samping lainnya dari minuman bersoda adalah dapat membuat gigi menjadi rusak bahkan dapat membusuk. Hal ini disebabkan karena kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda. Itulah mengapa sangat disarankan untuk menggunakan sedotan ketika mengkonsumsi minuman bersoda. Namun, meskipun begitu, tetap saja minuman bersoda tersebut pasti menyentuh gigi sebelum masuk ke tenggorokan.

  1. Merusak Ginjal

Salah satu daya tarik dari minuman bersoda yang membuatnya digemari oleh banyak orang adalah warnanya. Selain rasa, warnanya yang menarik tentu akan membuat orang tergoda untuk meminumnya. Namun pewarna pada minuman bersoda tersebut tidak baik untuk ginjal. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan merusak ginjal.

Itulah beberapa efek samping yang dapat dirasakan oleh tubuh jika mengkonsumsi minuman bersoda. Efek samping tersebut mungkin tidak terasa secara langsung, tetapi dalam jangka waktu lama dapat merusak organ tubuh.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan