Dibalik Prosedur Root Canal

Global Estetik – Endodontik adalah bidang kedokteran gigi yang berhubungan dengan jaringan internal gigi. Prosedur perawatan saluran akar adalah perawatan yang paling umum dilakukan oleh endodontist. Saluran akar  (Root Canal) adalah saluran berongga yang mencapai dari ruang tengah sampai ke akar bawah gigi. Perawatan saluran akar endodontik sering disebut dengan nama yang sama, walaupun endodontis dan lainnya di bidang gigi menyebutnya sebagai prosedur saluran akar, terapi, atau pembedahan.

Root Canal Simtoma

Penting untuk mengunjungi dokter gigi yang mengkhususkan diri pada endodontik saat gejala masalah saluran akar pertama kali muncul. Ketika seseorang mengalami sakit gigi atau memiliki rongga dalam, ahli dodontis mungkin menentukan bahwa prosedur saluran akar diperlukan. Ahli endodontik pertama-tama akan mengambil sinar-x untuk mengetahui seberapa dekat kerusakan saraf di dalam ruang pulpa gigi. Seringkali, jika rongga ditemukan dekat pulpa, pulpa akan sudah terinfeksi. Dalam hal ini prosedur saluran akar akan menghilangkan rasa sakit dan membuang jaringan yang terinfeksi. Jika infeksi gigi dibiarkan terus tanpa diobati, pasien mungkin akan kehilangan gigi sepenuhnya, mengharuskan untuk memilih menggunakan prosedur implan gigi atau jembatan gigi.

Prosedur Perawatan Saluran Akar (Root Canal)

Perawatan saluran akar dimulai dengan membersihkan area gigi yang rusak. Hal ini umumnya dilakukan dengan anestesi lokal, sehingga prosedur saluran akar pada umumnya tidak lebih tidak nyaman daripada proses filling atau penambalan. Begitu endodontis telah menembus ruang pulpa, anestesi lebih lanjut dapat disuntikkan langsung ke saraf gigi. Ini secara efektif mematikan rasa sakit lebih lanjut.

Endodontist akan mengangkan jaringan di dalam ruang pulpa dan membersihkan jaringan saraf yang tersisa dari saluran akar. Begitu jaringan pulpa gigi telah dibersihkan, dokter gigi kemudian akan memperlebar saluran akar sedikit dan meluruskan ruang pulpa untuk menyiapkannya proses filling. Bagian dalam gigi kemudian didesinfeksi.

Ketika gigi telah dipersiapkan dengan benar, endodontis akan mengisi saluran akar dengan bahan seperti karet yang disebut pengisian gutta-percha. Ruang pulpa dikemas dengan kapas, dan pengisian sementara digunakan untuk menutup bukaan. Selama kunjungan selanjutnya, dokter gigi pilihan anda akan mengangkat pengisian sementara, mengisi ruang pulpa dengan penumpukan inti, dan kemudian memperbaiki gigi dengan filling atau mahkota. Selama kunjungan ini, dokter gigi juga akan memeriksa komplikasi prosedur saluran akar seperti infeksi.

After Effect Setelah Prosedur Perawatan Saluran Akar

Prosedur saluran akar telah mendapatkan reputasi yang menyesatkan untuk rasa sakit. Ketika seorang endodontis melakukan prosedur saluran akar, jaringan syaraf dan pulpa pada gigi yang rusak dikeluarkan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit dari gigi yang rusak dan untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi. Ruang kosong terisi, dan gigi ditutup dengan mahkota gigi. Gigi yang telah menjalani terapi saluran akar akan bebas dari rasa sakit dan kuat secara struktural.

Kenyataannya adalah bahwa dalam kebanyakan kasus rasa sakit setelah perawatan saluran akar kurang dari denyut yang anda alami dengan meninggalkan saluran akar yang rusak yang tidak diobati. Jika anda khawatir dengan nyeri pasca operasi, diskusikan ketakutan anda mengenai operasi saluran akar dengan dokter gigi pilihan anda sebelum perawatan. Ada berbagai metode sedasi yang bisa digunakan untuk membuat pengalaman anda lebih nyaman dan bebas stres.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan