Dental Bridge dan Kesehatan Gigi

Global Estetik – Seperti yang kita yang tahu, ketika anda kehilangan gigi maka akan berdampak pada sulitnya untuk berkomunikasi, berbicara, menggigit, atau bahkan makan secara efektif. Saat gigi anda hilang, penting untuk segraera mengunjungi dokter gigi anda untuk mendiskusikan pilihan gigi pengganti.

Jembatan gigi (Dental Bridge) digunakan dalam kedokteran gigi untuk mengganti gigi yang hilang dan menyediakan jembatan yang menghubungkan gigi yang berdampingan. Gigi di kedua sisi gigi yang hilang disebut gigi abutment dan gigi pengganti disebut pontic (gigi palsu). Jembatan gigi akan membantu mengembalikan senyuman dan menjaga bentuk wajah yang sesuai. Mereka juga dapat membantu anda mengunyah makanan dengan benar, berbicara dan menempatkan rahang bersama saat menggigit, yang membantu mencegah gigi lain di mulut agar tidak bergerak keluar dari tempatnya.

Biaya rata-rata untuk prosedur pemasangan jembatan gigi dapat berkisar antara harga berdasarkan jumlah unit dan wilayah tempat anda tinggal. Dental bridge dapat bertahan bertahun-tahun jika dirawat dengan benar melalui pemeriksaan dan pembersihan profesional.

Tipe dari Dental Bridge 

1. Traditional Bridge

Ini adalah jenis jembatan yang paling populer digunakan dalam kedokteran gigi dan terbuat dari keramik atau porselen yang menyatu dengan logam. Mahkota gigi dibuat untuk gigi di kedua sisi gigi yang hilang (gigi abutment) dengan pontik di antara keduanya.

2. Cantilever Bridge

Dental bridge ini digunakan saat pasien tidak memiliki dua gigi di kedua sisi gigi yang hilang. Gigi abutment yang bersebelahan satu sama lain disiapkan dan pontic terpasang di ujungnya.

 

3. Maryland Bridge

Jembatan ini terbuat dari kerangka logam dimana pontic (gigi palsu) menempel pada sayap logam atau porselen yang disemen pada dua gigi abutment. Jembatan ini merupakan alternatif dari pilihan konservatif jembatan tradisional.

 

Pertemuan di Klinik Dokter Gigi

Pada pertemuan pertama, dokter gigi akan mulai menghapus struktur enamel gigi abutment untuk menyiapkan gigi untuk mahkota. Kemudian kesan gigi anda akan diambil dan jembatan gigi, mahkota dan pontik akan dibuat oleh laboratorium gigi dokter gigi anda. Dokter gigi pihan anda akan membuat jembatan sementara untuk dipakai sementara jembatan permanen anda sedang dibuat.

Pada pertemuan berikutnya, jembatan sementara akan dilepas dan jembatan permanen baru akan ditempatkan di area tersebut dan diperiksa agar sesuai. Mungkin ada lebih dari satu kunjungan untuk memastikan bahwa jembatan permanen sesuai dengan aman di mulut anda.

Merawat Dental Bridge

Dental bridge permanen dirawat seperti gigi asli anda. Jembatan harus dibersihkan dengan benar di antara gigi dan pontik menggunakan sikat atau benang floss. Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride juga penting.Membersihkan dental bridge anda akan membantu mengurangi rongga dan perkembangan radang jaringan gusi. Jangan lupa untuk mengunjungi klinik dokter gigi pihan anda untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan profesional

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan