Dapatkah Infeksi Sinus Berakibat Pada Kemunculan Sakit Gigi ?

Global Estetik – Setiap kali anda menarik napas melalui hidung, perjalanan udara melalui sinus anda masuk ke paru-paru. Sinus adalah rongga penuh dengan udara di area tulang rahang atas. Mereka dilapisi dengan selaput merah muda yang mirip dengan lapisan pink di bagian dalam mulut anda. Ketika lapisan sinus terinfeksi atau meradang, keadaan itu dikenal sebagai sinusitis.

Banyak pasien akhirnya datang ke ruang gawat darurat ke rumah sakit spesialis gigi kita dengan sensasi gigi yang sakit tidak tertahankan. Setelah diperiksa, terkadang kita mendapati bahwa gigi mereka sehat dan penyebab sebenarnya dari rasa sakitnya adalah infeksi sinus atau sinusitis.

Bagaimana Sinus Bisa Menyebabkan Rasa Sakit Gigi

Di bawah ini anda akan menemukan citra dental x-ray. Terlihat lantai sinus maksila (sinus yang terletak di atas gigi bagian atas) sehingga anda bisa melihat seberapa dekat akar molar atas anda dengan sinus.

Di sisi kiri, terlihat seperti lantai sinus yang berada di bawah akar geraham atas. Biasanya ini tidak terjadi, dan ilusi itu bisa dikaitkan dengan tumpang tindih karena kita melihat gambar dua dimensi dari objek tiga dimensi. Namun, ini memberi anda gambaran mengapa infeksi sinus bisa membuatnya tampak seperti sakit gigi di geraham dan gigi premolar atas.

Ketika pasien datang dengan sakit gigi yang parah, biasanya dokter gigi mengambil gambar x-ray dari gigi yang dilaporkan sakit . Sakit gigi biasanya disebabkan oleh pulpitis reversibel dan ireversibel. Dokter gigi pilihan anda juga melakukan beberapa tes pada gigi dengan merasakan infeksi di sekitarnya, mengetuknya, dan / atau meletakkan es di atasnya. Hal ini memungkinkan untuk lebih memahami jika rasa sakit itu berasal dari satu gigi atau tidak. Jika gigi tidak memiliki rongga di dalamnya dan tampak sehat, maka biasanya dokter gigi akan mencoba mencari sumber rasa sakit lainnya, seperti infeksi sinus (sinusitis).

Gejala Infeksi Sinus Maxillary

Meskipun ada sinus lain, sepasang sinus utama yang mempengaruhi gigi bagian atas adalah sinus maksila. Salah satu gejala utama sinusitis maksila adalah nyeri terus menerus pada gigi bagian atas (bertambah parah atau lebih ringan) saat anda menggerakkan kepala (seperti berbaring atau berdiri.)

Pengobatan Sinusitis Maxillary

Sinusitis maksila dapat diobati dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa perawatan umum untuk sinusitis maksilaris:

  • Menggunakan humidifier untuk melembabkan udara yang dihirup. Ini membantu melonggarkan sekresi kering yang terkumpul di sinus.
  • Menggunakan semprotan hidung yang mengandung phenylephrine atau efedrin.
  • Mengonsumsi dekongestan secara oral seperti Sudafed (psedoephedrine)
  • Minum antibiotik jika diyakini bahwa sinusitis disebabkan oleh bakteri. Antibiotik umum yang diresepkan untuk sinusitis meliputi amoksisilin, trimetoprimsulfamethoxazole, klavulanat dengan amoksisilin, azitromisin, dan cefuroksi.

Meskipun sakit gigi umumnya disebabkan oleh masalah pada gigi anda, penting untuk dipahami bahwa gigi memiliki tetangga, seperti sinus yang apabila meradang dapat meniru sensasi yang diberikan dari sakit gigi.

Bagikan Ke Teman:
Share:

Tinggalkan Balasan